Anakan Kambing Domba, Jenis dan Harganya

 

 Anakan Kambing Domba, Jenis  & Harga Terbaru Tahun 2021

 

Kambing menjadi salah satu hewan ternak yang menjadi peluang usaha dengan penghasilan yang menjanjikan. Dalam praktiknya, peternak kambing biasa menjual kambing dewasa atau pun bibit anakan kambing dengan keuntungan yang cukup banyak.

 

Gambar Anakan Kambing Domba

Di artikel ini, kami akan menginformasikan mengenai penjual dan harga anakan kambing tahun 2021. Jika Anda berencana membeli atau bahkan beternak kambing di tahun ini, silakan membaca sampai selesai ya!

 

Jenis-Jenis Kambing

 

Sebelum mengetahui harga  anakan kambing, Anda perlu tahu dulu jenis kambing yang terdapat di Indonesia. Sebenarnya, ada begitu banyak jenis kambing. Namun, pada kesempatan kali ini, kami akan jabarkan beberapa yang biasa digunakan untuk beternak.

 

1.      Kambing Etawa

 

Kambing Etawa


Selain susu sapi, mungkin Anda pernah mendengar atau meminum susu kambing etawa. Kambing etawa memiliki tubuh besar yang hampir sebesar anak sapi. Kambing ini memiliki bobot dengan berat mencapai 120 kg untuk kambing jantan, sedangkan kambing etawa betina berbobot 90 kg.

 

Tak hanya dagingnya yang tebal, kelebihan lain dari kambing etawa yakni hasil perahan susu yang bisa menghasilkan sekitar 2 liter per hari. Susu etawa sendiri juga mengandung kelebihan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

 

2.      Kambing Boer

 

Salah satunya kambing biasa dibudidaya di Indonesia adalah kambing boer. Kambing ini berasal dari Afrika. “Boer” dalam bahasa Indonesia berarti petani. Kambing boer merupakan kambing pedaging yang memiliki pertumbuhan cepat.

 

Bobot ini bisa mencapai 35-45 kg pada umur 5-6 bulan. Pada umur dewasa, kambing boer jantan bisa mencapai bobot 120-150 kg di umur 2-3 tahun. Sementara itu, boer betina memiliki berat badan 80-90 kg pada umur dewasa antara 2-3 tahun.

 

Kambing Boer

Baik boer jantan maupun betina, keduanya memiliki tanduk sebagai cirinya. Kambing boer memiliki persentase 40-50 persen sebagai kambing pedaging, jauh lebih tinggi dibandingkan kambing perah lokal.

 

3.      Kambing Gibas

 

Kambing gibas memiliki tubuh berwarna putih diselimuti bulu panjang yang tebal sehingga orang-orang menyebutnya “gimbal”.  Kambing gibas banyak dibudidayakan di Indonesia. Peternak kambing ini meraup keuntungan besar dari penjualan kambing ini dibandingkan jenis kambing biasa.

 

Kambing gimbal atau kambing gibas merupakan jenis kambing yang adaptif. Kambing ini mampu menyesuaikan diri dengan perubahan iklim dan tanpa kenal musim. Dengan demikian, kambing gibas mampu melakukan perkembangbiakan sepanjang tahun. Dilihat dari ekornya, kambing ini memiliki dua jenis, yaitu:

 

a.      Kambing Gibas Berekor Gemuk

 

Kambing jenis ini dapat ditemui di daerah Madura dengan bentuk ekor yang mengecil dan kasar di ujungnya. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan lemak cadangan. Jika ruas tulang ekor mencapai 14, berarti kambing tersebut gemuk dan bisa mencapai bobot 50 sampai 70 kg.

 

b.     Kambing Gibas Berekor Tipis

 

Domba Ekor Tipis

Populasi kambing ini dapat ditemui di Jawa Tengah dan juga Jawa Barat. Kambing jantan berbobot 30-40 kg, sedangkan betina 20-25 kg. Kambing ini memiliki ciri-ciri tubuh kecil, bulu kasar, dan daging yang dihasilkan tidak tebal. Pertumbuhannya pun lambat.

 

4.      Kambing Domba

 

Selain ketiga kambing di atas, ada juga kambing domba. Jenis kambing ini memiliki ciri-ciri bulu yang tebal dan memiliki bobot sekitar 45 kg untuk kambing jantan. Sementara itu, kambing betina memiliki berat sekitar 40 kg.

 

Di dunia yang semakin berkembang ini, segalanya bisa didapatkan dengan praktis dan instan. Jika Anda ingin membeli anak domba tanpa perlu repot-repot pergi ke pasar hewan, Anda dapat membelinya secara online.

 

Harga anak domba betina umur 3-4 bulan yaitu sebesar Rp 700.000,00. Tentunya, harga yang harus dibayar disesuaikan dengan ongkos kirim sampai ke tempat Anda.

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Beternak Kambing

 

Sebelum memulai usaha jual bibit kambing atau beternak bibit kambing, pastikan Anda memiliki pengetahuan cara memilih anakan kambing yang berkualitas, cara ternak, dan perawatannya. Silakan baca penjelasan berikut.

 

1.      Jenis Bibit Kambing

 

Ada banyak jenis kambing, seperti kambing gibas yang cocok dibudidayakan sebagai kambing pedaging. Kambing gibas betina memiliki bobot mencapai 20-50 kg, sedangkan jantan memiliki bobot 50-100 kg. Daging yang tebal ini menjadi nilai tambah dari jenis kambing gibas.

 

Ada juga kambing yang sering digunakan untuk kurban, yaitu anakan jawa yang berpotensial untuk dikembangkan. Bobot kambing jawa betina sekitar 25 kg, sedangkan jantan berkisar 30 kg dengan ciri bertanduk, telinga pendek, dan corak warna kombinasi pada tubuhnya.

 

2.      Pemilihan Anakan Kambing

 

Memilih anakan kambing pada umur 6 tahun lebih baik karena pada periode ini anakan kambing sedang dalam proses pembentukan daging. Pemilihan tersebut dapat menghasilkan anakan kambing yang gemuk.

 

Selain itu, utamakan memilih anakan kambing jantan dengan badan panjang, tegap, dan pastikan kesehatannya.

 

3.      Pengelolaan Kandang Kambing Modern dan Sehat

 

Kandang yang sehat akan menghasilkan kambing yang sehat pula. Setidaknya, kandang kambing yang sehat memiliki kriteria seperti keamanan kambing terjaga dari hewan pemangsa, tersedia tempat pakan dan minum, tersedia tempat penampungan kencing dan kotoran kambing

 

Selain itu, pastikan kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup, berada di tempat yang tinggi agar terhindar dari genangan air, dan berilah jarak antara kandang kambing dengan pemukiman.

 

Kandang kambing yang nyaman harusnya memiliki ukuran yang tidak begitu sempit juga tidak begitu besar. Kandang kambing dengan ukuran 3 x 1,5 meter pas digunakan untuk memuat 10 ekor kambing.

 

4.      Perawatan Kandang Kambing

 

Agar menghasilkan kambing yang sehat, pastikan kebersihan kandang kambing terjaga. Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan kandang kambing secara rutin.

 

Selain itu, Anda juga perlu membuat suhu kandang kambing tidak lembab agar parasit dan jamur tidak bersarang sebagai sumber penyakit.

 

5.      Pengelolaan Pakan dan Pemeliharaan Kambing

 

Ada dua jenis pakan kambing, yakni pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami dapat bersumber dari dedaunan atau tumbuhan merambat seperti rumput atau jerami. Sementara itu, bahan buatan bisa berasal dari proses fermentasi atau konsentrat.

 

Fermentasi pakan kambing bisa berasal dari limbah organik di sekitar lingkungan seperti kulit kopi, kulit markisa, kulit nanas, dan lain-lain. Memberikan vitamin dan suplemen pada kambing juga dapat menunjang pertumbuhannya.

 

Harga Bibit Kambing Anakan 2021

 

Selain sapi dan domba, kambing menjadi pilihan yang diminati banyak orang untuk dijadikan hewan qurban. Selain itu, kambing juga menjadi kebutuhan dalam rangka menyelenggarakan acara atau tasyakuran aqiqah.

 

Maka tidak heran jika ternak kambing menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Jika Anda memiliki hobi beternak dan ingin memulai usaha peternakan kambing, tentu hal pertama yang dibutuhkan adalah bibit kambing berkualitas.

 

Harga bibit kambing 2021 per 1 Januari 2021 ini mengalami penurunan. Harga cempe anakan bibit kambing untuk 2 ekor anakan kambing betina adalah Rp 1.100.000,00. Harga kambing anakan sepasang tersebut masih bisa ditawar.

 

Selain itu, para blantik juga menjual bibit anakan kambing dengan harga yang bervariasi sesuai dengan jenis kambing. Bahkan, ada yang menjual bibit kambing murah dari harga Rp 500.000,00 sampai Rp 750.000,00.

 

Demikian informasi mengenai anakan kambing, termasuk harga terbaru bibit anakan  kambing di tahun 2021. Sudah siapkah Anda berqurban atau tertarik untuk membuka usaha peternakan di tahun ini? Jika ingin membeli cempe bibit anakan kambing domba kunjungilah Madani Farm Jogja, di Jambidan, Banguntapan, Bantu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya!

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel