Cara Memilih Anakan Kambing Domba Penggemukan

Cara Memilih Bibit Anakan untuk Penggemukan Kambing Domba yang bagus


Bisnis
penggemukan  kambing (fattening)merupakan salah satu lini bisnis ternak kambing selain breeding (pembibitan) dan milking (susu kambing). Bisnis ternak kambing penggemukan lebih banyak dipilih para peternak karena perputaran moal yang lebih cepat daripada breeding maupun milking. Ada beberapa faktor yang yang mempengaruhi keberhasilan bisnis penggemukan kambing, salah satu diantaranya adalah pemilihan bibit anakan kambing yang bagus untuk penggemukan.


 










Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit bakalan anakan  kambing domba penggemukan  :

1. Anakan kambing domba memiliki tubuh yang sehat, lincah, tidak cacat, dan bulunya tidak kusam. 

Anakan kambing domba yang umurnya masih muda, tetapi terlihat kurus masih dapat dipilih dengan pertimbangan domba masih bisa tumbuh dan berat badannya diharapkan bertambah dengan perlakuan pakan yang lebih baik.

Banyak peternak yang membeli anakan kambing domba bakalan dalam keadaan sakit karena pertimbangan harganya lebih murah. Biasanya, domba yang dipilih adalah yang terkena penyakit c(kudis), dan bukan terkena penyakit berbahaya. Domba ini biasanya kurus karena kurang nafsu makan. Dengan pengobatan menggunakan salep yang mengandung sulfur secara rutin, penyakit scabies bisa disembuhkan dalam waktu sekitar satu bulan. Program penggemukan bisa dilakukan sejalan dengan masa pengobatan atau setelah domba sembuh. Namun, bagi peternak pemula cara ini sangat berisiko.

Cara Memilih Bibiit Kambing Domba Penggemukan 

 

 

2. Prioritas anakan kambing domba penggemukan berjenis kelamin  jantan. Hal ini disebabkan, tingkat pertumbuhan domba jantan lebih cepat. Selain itu, adanya larangan pemotongan domba betina yang masih produktif. Namun, tidak tertutup kemungkinan menggemukkan domba betina yang sudah tidak produktif lagi, misalnya domba betina yang mandul (majir) atau sudah tua.

Cara Memilih Bibiit Kambing Domba yang bagus untuk Penggemukan 

 

 

3. Anakan kambing untuk penggemukan berasal dari jenis anakan kambing domba lokal dan merupakan domba yang sudah beradaptasi dengan lingkungan setempat. Jika domba terpaksa didatangkan dari suatu lokasi yang kondisinya berbeda dengan lokasi penggemukan maka perlu masa adaptasi sekitar 2—4 minggu, sehingga membutuhkan dana untuk adaptasi ini.

Cara Memilih Bibiit Kambing Domba yang bagus untuk Penggemukan 

 

 

4. Anakan kambing domba yang akan digemukkan memiliki bobot badan sekita 15 kg dan berumur 4 bulan—1 tahun. Untuk mengetahui umur bakalan, peternak bisa melihat catatan domba. Namun, tidak semua hewan ternak memiliki catatan yang lengkap semenjak lahirnya. Karena itu, untuk mengetahui umur domba dapat dilihat dari susunan gigi.

Cara Memilih Bibiit Kambing Domba yang bagus untuk Penggemukan 

 

 

Umumnya orang melihat umur domba dan anakan kambing dari jumlah gigi seri yang sudah tumbuh. Cara penentuan umur domba dan kambing dengan penentuan jumlah gigi seri yang tumbuh tidak selalu tepat. Namun, cara ini dapat memberikan petunjuk yang dapat dipercaya tentang umur ternak tersebut.

 Cara Memilih Bibiit Kambing Domba yang bagus untuk Penggemukan 

 

 

 

Berikut ini adalah kriteria memilih anakan untuk penggemukan kambing domba

Kambing domba penggemukan sebaiknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Badan sehat ,tidak cacat

 Bulu Bersih dan mengkilap

Aktif, nafsu kawinnya besar

Umur kurang lebih 4-12 bulan

Bobot antara 15-20 kg

 

 

Berikut ini adalah tips pemberian makanan dan minuman untuk penggemukan kambing domba

  1. Memberikan latihan pada domba yang baru dibeli dgn pakan fermentasi 1- 2 hari
  2. Selanjutnya memberi pakan fermentasi 10 % dari bobot domba
  3. Air minum harus tersedia dan mineral (garam) secukupnya

Cara Memilih Bibiit Kambing Domba yang bagus untuk Penggemukan 

 

 

Untuk Penggemukan lebih baik memilih Anakan Kambing atau Domba ?

Ada beberapa kelebihan domba daripada kambing :

Domba lebih mudah pemeliharaannya daripada kambing,

Domba mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Tahan terhadap penyakit

Disuntik/diberi obat cacing dan kudis sebelum masuk ke kandang

Kalau bisa dipotong rambutnya(tidak harus/tergantung pasar)

 Cara Memilih Bibiit Kambing Domba yang bagus untuk Penggemukan 

 

 

Berapa lama waktu pemeliharaan anakan kambing domba dalam bisnis penggemukan kambing?

Waktu pemeliharaan cukup 1 bulan di kandang dan bulan berikutnya harus sudah terjual jadi jangan terlalu lama memelihara untuk penggemukan domba ini.

Semakin lama di kandang, penambahan bobot tidak berimbang dengan biaya pakan yang kita keluarkan

 

 

Di mana membeli cempe bibit bakalan anakan kambing domba garut berkualitas ?

Apabila Anda tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda dapat mendatangi Peternakan Kambing Domba Madani Farm Jogja, yang menjual bibit anakan kambing domba berkualitas. Madani Farm Jogja terletak di kelurahan Jambidan, kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peternakan Kambing Domba Madani Farm Jogja Banguntapan Bantul



Cara memilih kambing yang bagus, cara memilih bibit kambing yang bagus, memilih bibit kambing unggul, cara memilih kambing kurban, cara memilih bibit domba yang bagus, cara memilih domba yang bagus, tips memilih kambing kurban, cara memilih kambing, cara memilih kambing aqiqah, memilih kambing kurban, memilih kambing untuk kurban, memilih kambing qurban, cara memilih bibit domba jantan yang bagus, cara memilih bibit domba untuk penggemukan, cara memilih bibit domba yg bagus, memilih bibit domba yang baik, memilih domba, memilih kambing.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel