Apa yang Dimaksud dengan Ruminansia ?





Pengertian Ternak Ruminansia

Arti ruminansia adalah pemamah biak. Hewan ruminansia adalah  herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan) yang memamah biak, yaitu mencerna pakan ternak dalam dua langkah :

  1. Menelan bahan mentah
  2. Mengeluarkan makanan yang seudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi.
    Karena itu ruminansia disebut juga sebagai hewan pemamah biak.


Jenis Hewan Ruminansia


Jenis Hewan Ruminansia

Ada beberapa hewan ruminansia yang bisa disebut juga hewan pemamah biak yang kita kenal, contoh hewan ruminansia adalah :
  1. Sapi
  2. Kerbau
  3. Kambing
  4. Domba
  5. Rusa
  6. Jerapah
  7. Antelop
  8. Bison


    Skema Pencernaan Ruminansia

    Pencernaan Ruminansia

    Pencernaan pada hewan ruminansia memiliki keistimewaan. Keunikan pencernaan hewan ruminansia yaitu  memiliki 4 lambung yang merupakan alur pencernaan pada hewan ruminansia :

    Anatomi dan fisiologi pencernaan ruminansia :

    1. Rumen

 
        Rumen merupakan lambung terbesar pada hewan ruminansia karena merupakan                  tempat penampungan sementara makanan yang ditelan sebelum diuraikan. Ciri utama         rumen adalah permukaan yang mirip seperti handuk.
 

        2. Retikulum

 
 
 
          Retikulum berbentuk seperti jala dan berfungsi untuk mencampur makanan hingga menjadi gumpalan kasar. Setelah itu makanan akan didorong kembali ke mulut untuk dikunyah. Mengapa makanan didorong kembali ke mulut ? Karena hewan ruminansia mengunyah makanannya sebanyak 2 kali. Makanan yang sebelumnya masih kasar ketika masuk ke dalam lambung, dikeluarkan kembali untuk dikunyah kembali oleh mulut, agar teksturnya labih halus dan kemulian dimasukkan kembali ke dalam perut.
 

3. Omasum

 
 
 
Omasum berbentuk seperti buku dan berfungsi untuk menghaluskan makanan yang telah dikunyah kembali oleh ternak dan menyerap kadar air di dalamnya. 
 

4. Abomasum

 
 
 
Abomasum adalah bagian terakhir dari lambung ternak ruminansia. Abomasum terdiri dari Florika, Fundia dan Kardia. Fungsi lambung abomasum adalah untuk mencerna asam lambung dengan asam klorida dan enzim serta mematikan bakteri dan meneruskan makanan ke usus halus. Demikian proses pencernaan hewan ruminansia.
 
Madani Farm Jogja yang terletak di Jambidan, Banguntapan, Bantul menjual anakan kambing, kambing kurban, bibit rumput pakchong dan pupuk kandang kambing. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel