Ramuan Cara Menggemukkan Kambing yang Bisa Peternak Racik Sendiri

Setiap peternak tentu mendambakan ternak kambingnya bertubuh gemuk. Namun, seringkali hewan tersak satu ini memiliki nafsu makan yang turun karena sakit. Ada juga yang sudah banyak makan tetapi tubuhnya masih kurus. Untuk mengatasinya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut dalam menggemukkan kambing melalui bahan-bahan alami.

Ramuan Cara Menggemukkan Kambing yang Bisa Peternak Racik Sendiri

Berbagai Ramuan Tradisional Menggemukan Kambing

baca juga: Jangan Sampai Keliru! Kenali Perbedaan Kambing Etawa dan Pe dari Ciri-cirinya

1. Mentimun yang Segar

Hampir semua orang pasti memiliki mentimun di dapurnya. Sayur ini bisa anda manfaatkan sebagai ramuan tradisional menggemukkan kambing. Anda cukup memarut 2 buah timur dan campurkan dengan garam dapur, asam jawa, dan terasi. Lalu, aduk hingga rata sambil tambahkan air secukupnya. Pemberiannya bisa dilakukan setiap tiga hari sekali.

2. Kencur untuk Mencegah dari Penyakit

Tentunya anda mengetahui kehebatan rempah satu ini. kencur juga dapat anda gunakan sebagai salah satu bahan utama ramuan tradisional penggemukan ternak kambing untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Anda bisa mencampurnya dengan 1 ons kencur yang diparut dan 1 butir telur ayam. Pemberiannya sama seperti ramuan mentimun di atas.

3. Daun Buni yang Sehat

Ramuan cara menggemukkan kambing yang tidak kalah bagus yaitu berbahan daun buni. Anda perlu mencampurkan 5 lembar daun buni, lengkuas seukuran ibu jari, terasi dan garam. Semua bahan tersebut dapat anda tumbuk hingga halus dengan tambahan air secukupnya lalu saring. Ramuan ini bisa anda gunakan untuk dua kambing.

4. Berbahan Telur Ayam Kampung

Ramuan tradisional penggemukan kambing satu ini sangat terkenal di kalangan peternak karena kemampuannya. Anda bisa mencampurkan beberapa butir telur lalu tambahkan dengan asam jawa dan gula. Racikan ini dapat anda berikan setiap hari ketika nafsu makannya menurun. Jika nafsu ternak baik, maka anda cukup memberinya tiga hari sekali.

5. Temulawak yang Meningkatkan Nafsu Makan

Tidak hanya bagi manusia, kambing yang mengonsumsi ramuan ini juga mengalami nafsu makan yang meningkat. Anda bisa menumbuh temulawak serta lempuyang hingga halus. Lalu, tambahkan dengan sedikit kecap dan air secukupnya. Kemudian, rebus ramuan hingga mendidih. Kambing anda bisa meminumnya sebanyak dua minggu sekali.

6. Pisang yang Lezat

Pisang juga terkenal akan khasiatnya dalam menyehatkan organ pencernaan. Buah ini juga dapat meningkatkan nafsu makan kambing sekaigus mencegahberbagai penyakit perut yang dapat mengancamnya. Hal menariknya yaitu pembuatannya hampir mirip dengan membuat kolak pisang.

Membuat ramuan cara menggemukkan kambing ini bisa anda lakukan dengan mudah di rumah. Anda bisa memotong pisang, memasak dengan santan, gula jawa, serta sedikit garam. Masaklah ramuan tersebut hingga pisang matang dan benar-benar empuk. Anda bisa memberikannya setiap tiga hari sekali. Wanginya dijamin membuat nafsu makan kambing meningkat.

7. Daun Jarak yang Mudah Dibuat

Dengan daun jarak, anda bisa menggemukkan kambing. Anda dapat mengambil segenggam daun jarak dan rendam dengan air garam. Lalu, simpan daun pada wadah berbahan tanah liat. Dengan ramuan tersebut, anda bisa memberikannya ke kambing dalam satu sendok sehari. Jika air pada ramuan telah habis, anda bisa menambahkannya lagi.

8. Daun Talas yang Bernutrisi

Bahan selanjutnya yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan kambing yaitu daun talas. Caranya pun cukup mudah. Anda bisa menggunakan 3 lembar daun talas serta 3 sendok garam dapur. Lalu, rebus keduanya selama 15 menit. Biarkan ramuan hingga dingin dan anda bisa meminumkannya pada kambing.

Itulah daftar ramuan cara menggemukkan kambing yang bisa anda racik sendiri di rumah. Dengan begitu, anda berhasil dalam menggemukkan kambing. Anda juga bisa mendapatkan produk perlengkapan ternak di Madani Farm untuk melancarkan usaha ternak melalui laman resminya yaitu https://www.madani-farm.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel