Kebutuhan Nutrisi Pakan Ternak Kambing Domba

Kebutuhan Nutrisi Pakan Ternak Kambing Domba

 

Pakan Kambing

Kebutuhan nutrisi pakan  kambing domba  terdiri dari kebutuhan hidup pokok dan kebutuhan untuk produksi. Kebutuhan hidup pokok pengertiannya adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup. Kambing domba yang memperoleh pakan ternak kambing hanya sekedar cukup untuk memenuhi hidup pokok, berat badan ternak tersebut tidak akan naik ataupun  turun. Namun jika ternak kambing domba memperoleh pakan kambing lebih dari kebutuhan hidup pokoknya, maka sebagian dari kelebihan makanan itu akan diubah  menjadi bentuk produksi lainnya misalnya air susu, pertumbuhan dan reproduksi,  ini disebut kebutuhan produksi.

 


Energi yang digunakan untuk aktivitas  pokok kehidupan diubah menjadi bentuk panas dan dikeluarkan oleh tubuh juga dalam bentuk panas. Jumlah panas yang dihasilkan yang disebabkan oleh aktivitas hidup pokok tersebut disebut dengan istilah metabolisme basal hewan. Pengukuran ini  diperkirakan dari jumlah NE yang harus diperoleh oleh ternak untuk memenuhi kebutuhan hidup pokoknya.

 

Nutrisi Pakan Ternak Kambing Domba

Pengukuran konsumsi pakan  ternak (misalnya pada kambing domba) biasanya berdasarkan kandungan bahan kering. Konsumsi bahan kering pada ternak dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain :

1. Faktor Pakan yang meliputi 

  • Palatabilitas 
  • Daya cerna 

2. Faktor Ternak yang meliputi 

  • Bangsa
  • Jenis kelamin
  • Umur 
  • Kondisi kesehatan

Konsumsi bahan kering pada pakan kambing memiliki peranan vital karena dari bahan kering tersebut ternak kambing domba medapakan energi, protein, vitamin dan mineral.

 

Kebutuhan konsumsi bahan kering merupakan  batas untuk bisa tidaknya dipenuhi zat-zat pakan domba untuk kebutuhan ternak yang diperlukan untuk hidup pokok, pertumbuhan dan produksi. Kebutuhan bahan kering untuk kambing domba per hari adalah berkisar antara 3 - 5 % dari berat badan. Konsumsi bahan kering menentukan tinggi rendahnya konsumsi bahan organik dan bahan anorganik. Bahan organik terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan vitamin.


Kebutuhan Nutrisi Ternak Kambing Domba




 

Ternak kambing domba memerlukan energi untuk mempertahankan hidup  dan bereproduksi secara normal. Energi diperoleh dari hasil metabolisme zat  makanan dalam tubuh ternak itu sendiri. Energi sangat penting untuk hidup pokok, produksi dan reproduksi. Kekurangan energi akan menghambat pertumbuhan pada ternak muda dan kehilangan berat badan pada ternak dewasa. Bila kebutuhan nutrisi ternak kambing domba  dari pakan kambing tidak terpenuhi, maka kebutuhan tersebut akan dipenuhi dari timbunan lemak tubuh. Apabila timbunan lemak tubuh sudah habis maka kebutuhan energi tersebut dipenuhi dari protein tubuh.

 

Kebutuhan energi dapat dinyatakan dalam “Metabolism Energy” (ME), “Digestible

Energy” (DE), “Gross Energy” (GE) dan “Total Digestible Nutrient” (TDN). 

TDN adalah satuan energi yang berdasarkan seluruh nutrisi pakan yang tercerna, sehingga nilai TDN hampir sama dengan Digestible Energy atau energi yang dapat dicerna (DE). Perbedaannya terletak pada cara pengukurannya.  Nilai Digestible Energy bahan pakan ditetapkan dengan jalan membakar sampel bahan pakan dan juga feses dalam bom kalorimeter. Kelemahan penggunaan TDN sebagai satuan energi adalah TDN tidak menghitung hilangnya  nutrisi yang dibakar saat metabolisme dan energi panas yang timbul saat pakan dikonsumsi.

Kebutuhan Nutrisi Ternak Kambing Domba Madani Farm






 

Hewan ternak yang diberi pakan kambing bebas nitrogen,  tetap mengalami kehilangan nitrogen yang keluar bersama feses dan urin yang berasal dari degradasi dinding usus, mikroba dan enzim   yang mati. Eksresi nitrogen di urin dapat berasal dari perubahan kreatin menjadi kreatinin dan juga urea yang merupakan hasil katabolisme asam amino. Protein tubuh pada dasarnya selalu harus diganti dengan protein yang baru. Pergantian protein di usus dan hati ini memakan waktu dalam unit jam atau hari, sedangkan pergantian di tulang dan syaraf memakan waktu dalam unit bulan bahkan tahunan. Jumlah kebutuhan nitrogen untuk hidup pokok akan seimbang bila besar konsumsi N dapat diimbangi dengan besarnya jumlah N-metabolik di feses dan N-endogenous di urin. Cara pengukurannya yaitu dengan menentukan nitrogen yang hilang/keluar dari hewan yang diberi pakan kambing bebas nitrogen.

                                             Nutrisi Ternak Kambing Domba Madani Farm

 

Kebutuhan Nutrisi Ternak Kambing

Kebutuhan energi untuk pertumbuhan sangat dipengaruhi oleh bobot badan dan juga jenis kelamin serta bangsa kambing domba . Domba jantan biasanya mempunyai kecepatan pertumbuhan yang lebih besar dibanding  domba betina, oleh karena itu kebutuhan energi untuk domba jantan lebih banyak daripada domba  betina. Jenis  hewan tipe besar akan memerlukan energi lebih banyak dibandingkan dengan  hewan yang kecil. Penentuan energi untuk standar biasanya didasari oleh suatu model faktorial. 

Kebutuhan protein pada pakan kambing untuk tumbuh dapat dihitung seperti: 

Seekor anak domba tumbuh dengan pertambahan bobot badan 0,5 kg/h dan kehilangan protein endogenous sebanyak 22 g/h, kandungan protein tubuh 170 g/kg. Maka kebutuhan protein untuk hewan tersebut adalah :

Kebutuhan Protein = 22 + (0,5 x 170) =56 g. 

Jika kecernaan proteinnya 0,85 & nilai BV nya 0,80   maka protein yang dibutuhkan adalah = 

56/(0,80 x 0,85) = 82,35 g.

Kebutuhan Nutrisi Ternak Madani Farm


Demikian penjelasan mengenai kebutuhan nutrisi dalam pakan ternak kambing domba. Apabila ingin mengetahui kandungan nutrisi yang terkandung dalam  hijauan pakan ternak, rumput odot, nutrisi jagung,  indigofera, rumput pakchong dan pakan ternak kambing  lainnya dapat mencermati pada tabel kandungan nutrisi bahan pakan ternak ruminansia pada artikel lain di Madani Farm.
 

Kebutuhan Nutrisi Ternak Kambing Domba Breeding

PK 14 - 16%
Serat kasar 15-23%
TDN 60-70% up
BETN 50% up
Lemak 5 -%

Kebutuhan Nutrisi Ternak Kambing Domba Penggemukan Fatening

PK 17% up
Serat kasar 15-23%
TDN 60-70% up
BETN 50% up
Lemak 5-8%

Peternakan Kambing Domba Madani Farm Jogja

Penyedia Bibit Anakan Kambing Domba, Kambing Kurban Dan Bibit Rumput Pakchong wilayah Bantul Jogja.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel