Budidaya Tanaman Indigofera untuk Pakan Ternak


Gambar Tanaman Indigofera



Apabila mencari informasi di google mengenai hijauan pakan ternak, banyak sekali tanaman pakan yang bisa dijadikan sebagai pakan hijauan ternak kambing domba khususnya rumput dan dedaunan. Namun tidak semua tanaman bisa dijadikan pakan kambing atau pakan domba. Banyak juga pakan kambing domba selain rumput. Ada beberapa tanaman pakan yang memiliki kualitas yang sangat baik, leguminosa pakan ternak, salah satunya adalah indigofera yang merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak. Tanaman indigofera adalah tumbuhan penghasil warna biru yang alami dan termasuk ke dalam golongan polong-polongan. Dalam beberapa daerah indigofera memiliki nama yang berbeda seperti dalam bahasa Sunda indigofera disebut juga dengan tarung dan bahasa Jawa disebut dengan Tom.

Tumbuhan indigofera ini sudah dikenal di Indonesia sejak lama, di bawa dari Eropa sekitar tahun 1900-an terus berkembang. Budidaya tanaman indigofera untuk pakan ternak sejak tahun 2000 karena mengandung kalsium nitrogen dan fosfor yang tinggi memiliki banyak sekali jenis membuat indigofera menjadi salah satu tanaman yang paling beragam, kurang lebih ada 750 jenis tanaman indigofera.

Tanaman indigofera mengandung nutrisi yang sangat tinggi jika dijadikan sebagai pakan ternak, terlebih dalam satu pohon terdiri dari banyak sekali daun indigofera sehingga bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Dengan demikian pemanfaatan tanaman indigofera ini mampu menekan biaya pakan sehari-hari.Untuk hasil terbaik, saat pemberian pakan, tanaman indigofera sebaiknya dicampur dengan bahan pakan ternak yang lain misalkan rumput pakchong atau rumput odot.

 

Panen pertama ingofera SP dapat dilakukan pada saat usia tanam 8 bulan dengan jangka waktu pemotongan 60-90 hari. Tumbuhan indigofera dapat dipotong setinggi 1-1,5 meter dari permukaan tanah.  Indigofera SP sangat baik digunakan sebagai hijauan pakan ternak. 


Keunggulan Tumbuhan Indigofera

Berikut ini kelebihan tanaman indigofera

  1. Daun indigofera memiliki palatabilitas tinggi, sehingga disukai ternak, jadi nggak usah takut kalau ternaknya nggak mau makan indigofera

  2. Produktivitas tinggi sehingga mampu diproduksi dalam  jumlah banyak. Dalam 1 hektar tanaman indigofera dapat menghasilkan 12 ton dalam  per panen dalam waktu tanam 40 sampai 50 hari.

  3. Tumbuhan indigofera mengandung protein dan nutrisi yang tinggi sehingga bagus untuk proses penggemukan ternak. Nutrisi yang dikandung daun indigofera sesuia dengan kebutuhan nutrisi kambing domba akan lebih banyak diserap oleh ternak dibandingkan dengan terbuang bersama feses .

  4. Daun Indigofera mengandung mineral yang sangat tinggi sehingga cocok untuk alternatif pakan ternak saat musim kemarau terakhir.

  5. Tanaman Indigofera mengandung anti nutrisi yang sangat rendah sekitar 0,6 sampai 1,4 cm  

     

Selain cocok sebagai pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus, indigofera untuk pakan ikan, indigofera pakan ayam, tumbuhan indigofera juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna kain dan pencegah erosi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman indigofera sehingga mempelajari budidaya dan cara menanam indigofera merupakan hal yang bemanfaat. 

 

Kandungan Nutrisi Tanaman Indigofera 

Pemberian indigofera SP kepada ternak  sekitar 1-2 kg/ekor/hari. Komposisi kandungan nutrisi pakan pada tanaman daun indigofera sebagai berikut :

Bahan kering 21,97% 

Abu 6,41%, Protein kasar 24,17% 

NDF 54,24% 

ADF 44,69% 

Energi kasar 4.038 Kkal/kg.

Efisiensi penggunaan pakan adalah 0,104-0,115.

 

Selain menanam tumbuhan indigofera sebagai pakan kambing sumber protein, Madani Farm Jogja juga menggunakan pakan hijauan lambing rumput pakchong sebagai sumber serat dan energi. Madani Farm jogja juga menanam dan menjual bibit rumput pakchong berkualitas dengan harga terjangkau.


Madani Farm Jogja, Bantul menyediakan anakan kambing domba, bibit rumput pakchong, dan pupuk kandang kambing.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel