Daur & Siklus Hidup Kambing Fase Dewasa-Melahirkan

 Daur  & Siklus Hidup Kambing Fase Dewasa - Melahirkan











Pada artikel sebelumnya mengenai Daur Hidup Kambing, Jenis Siklus, Penjelasan & Gambar telah dibahas mengenai penjelasan tentang daur hidup kambing pada fase anak dan menyusui, kali ini akan dibahas jenis siklus hidup kambing pada fase dewasa sampai melahirkan.


3.      Fase Kambing Dewasa

 

Setelah kambing sudah tidak menyusui induknya lagi, tahapan daur hidup kambing selanjutnya adalah perkembangan kambing dewasa. Dapat dikatakan, kambing dewasa mampu hidup mandiri dan bergabung dengan lingkungannya.

 Kambing yang sudah memasuki masa dewasa sudah mulai berkelompok dan saling bergabung serta menjalin interaksi sosial. Lain halnya dengan kambing liar yang lebih memilih hidup secara soliter/menyendiri.

 Dilihat dari cara hidupnya kambing dewasa, untuk kambing betina tertua akan membentuk kelompok kambing sejumlah 5-20 ekor. Sedangkan untuk kambing jantan memiliki tugas sebagai penjaga kawanan kambing betina supaya tetap aman.

 

4.   Fase Karakteristik Kambing Dewasa
 

Seekor kambing yang memasuki siklus hidup masa dewasa harus melewati dua fase utama, yakni fase pubertas dan fase tubuh. Masing-masing dari fase tersebut berperan penting untuk menyiapkan tubuh kambing ketika beranjak dewasa karena hal tersebut mempengaruhi perkembangannya

Pada fase pubertas, biasanya ciri-ciri utamanya adalah organ reproduksi kambing sudah mulai bekerja. Hal ini menandakan bahwa kambing mempunyai kemampuan untuk berkembang biak dan memiliki keturunan untuk meneruskan generasinya.

Beralih ke fase tubuh, Anda akan menemukan tubuh kambing dengan bentuk yang proporsional dan kaki jenjangnya sangat kuat untuk menapak. Selain itu, bentuk alat vitalnya juga sempurna dan tidak ada kecacatan. Inilah yang menjadi fase karakteristik kambing yang beranjak dewasa.

Dengan begitu kambing telah siap untuk melakukan proses reproduksi. Namun, biasanya peternak akan memisahkan antara kambing jantan dan kambing dewasa agar tidak terjadi proses perkawinan karena tubuh kambing belum proporsional.

 

5.   Fase Birahi Kambing

 

Fase birahi merupakan tahapan daur hidup ketika kambing telah siap secara fisik dan mental untuk melakukan proses perkawinan. Fase ini ditandai dengan tingkah dan perilaku kambing yang mulai menarik lawan jenis untuk segera melakukan pembuahan.

 

Seekor kambing memiliki trik untuk menarik perhatian terhadap lawan jenisnya, yakni ketika ingin memulai proses reproduksi, kambing betina akan menggoyangkan ekornya di dekat kambing jantan. Sedangkan pada kambing jantan akan mengeluarkan kelenjar bau di tanduknya.

 

6.   Fase Perkawinan Kambing

 

Untuk dapat berkembang biak, kambing akan melakukan proses perkawinan atau disebut dengan estrus. Kambing jantan akan membuahi sel telur kambing betina dengan spermanya. Kambing betina pada akhirnya mengalami tahap ovulasi (pembuahan).

Dalam daur hidup kambing, seekor kambing akan mengalami beberapa kali fase birahi dalam kurun waktu setahun. Tidak heran jika kambing mampu melakukan beberapa kali proses perkawinan dalam satu tahun atau disebut dengan polyestrus.

 

penjelasan gambar jenis siklus dan daur  hidup kambing
Penjelasan Gambar Jenis Siklus dan Daur  Hidup Kambing

7.   Fase Kehamilan

Setelah melalui fase perkawinan dan pembuahan maka fase daur hidup kambing selanjutnya adalah fase kehamilan. Kambing ternak akan melalui fase kehamilan selama 150 hingga 155 hari. Sedangkan kambing liar mengalami masa kehamilan mencapai 170 hari.

 

8.      Fase Melahirkan

 

Tahap terakhir dari proses siklus hidup kambing adalah melahirkan. Rata-rata kambing dapat melahirkan 1 hingga 4 ekor anak kambing. Proses melahirkan pada kambing betina membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

 

Setelah anak kambing terlahir, induk kambing akan memakan ari-ari bayi kambing untuk memperoleh nutrisi. Selanjutnya, induk kambing akan menjilati rambut anaknya hingga bersih agar bau kelahiran si anak kambing tidak tercium oleh pemangsa di sekitarnya.

 

Tidak lama setelah fase ini, anak kambing akan menyusu kepada induknya dan mulai mencoba untuk berusaha belajar berdiri untuk pertama kalinya.  Pada umumnya, kambing dapat bertahan hidup selama 15 sampai 18 tahun, sedangkan kambing liar selama 12 hingga 22 tahun.

 

Daur hidup kambing domba penting untuk dipelajari para peternak kambing agar dapat mengetahui proses perkembangan dengan baik, sehingga budidaya dan perawatan kambing dapat dilakukan dengan baik dan juga terarah. Selain itu jenis siklus hidup kambing adalah salah satu materi pelajaran ilmu pengetahuan IPA.

 

Itulah beberapa informasi mengenai daur hidup kambing selama keberlangsungan hidupnya. Siklus hidup kambing berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah pengetahuan Anda di bidang peternakan.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel