Jenis Hijauan Pakan untuk Ternak Kambing Domba

 Jenis Hijauan Pakan untuk Ternak Kambing Domba

 

Pengertian Hijauan Pakan Ternak

Siapa yang tidak tahu mengenai ternak ruminansia, seperti sapi, kambing, dan kerbau. Sejak dulu ternak merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dan hampir setiap keluarga petani yang tinggal di wilayah yang tersedia hijauan pakan ternak akan memiliki ternak kesayangan berupa kambing, domba atau sapi. Pengertian tanaman pakan hewan ternak adalah atau yang lebih dikenal dengan istilah hijauan pakan ternak adalah tumbuhan berklorofil yang sebagian atau seluruh bagiannya, baik daun, batang, ranting, akar ,bunga, buah dan bijinya dapat dimakan oleh ternak. Pakan hijauan adalah pakan domba terbaik. Biasanya pakan hijauan dimanfaatkan oleh ruminansia yaitu hewan yang mempunyai empat lambung,yang mencerna makanan secara fermentasi, seperti ternak sapi, kambing, domba dan kerbau.



 

Jenis Hijauan Pakan Ternak Lengkap 

Tiga jenis hijauan makanan ternak lengkap yakni rumputan, kacang-kacangan, dan rumban.

  1. Rumput Pakan Ternak.

    Rerumputan dicirikan dengan daun berbentuk pita, memiliki tulang daun yang sejajar dan panjangnya dapat 7 kali lebarnya. Jenis-jenis rumput pakan ternak kambing antara lain rumput odot, rumput pakchong, rumput gajah pakan ternak, dan sebagainya. Perbedaan rumput odot, rumput pakchong dan rumput taiwan dapat dilihat di https://www.madani-farm.com/2020/10/perbandingan-odot-pakchong-taiwan.html.

    rumput hijauan pakan ternak kambing domba madani farm

  2. Leguminosa pakan ternak

    Kacang-kacangan (leguminosa) adalah tumbuhan yang buahnya berbentuk polong dan berkeping dua. Jenis legum pakan ternak antara lain turi, kaliandra dan indigofera.

    legum polong hijauan pakan ternak kambing domba madani farm





  3. Rumban / Ramban

    Rumban atau ramban  adalah hijauan pakan ternak selain rumputan dan kacangan, misalnya daun nangka, daun singkong, dan sebagainya.

    rumba hijauan pakan ternak kambing domba madani farm

 

Cara Pemberian Hijauan Pakan Ternak

Cara pemberian pakan yang baik pada ternak ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba) yang memakan hijauan adalah mencampur beberapa hijauan. Cara pemberian hijauan pakan ternak itu harus sebanyak mungkin macamnya, sebanyak mungkin baik dari jenis rumputannya, legum pakan ternak dan rumban.

Semakin beragam jenis hijauan pakan yang dikonsumsi maka ternak akan semakin sejahtera. Keragaman jenis pakan hijauan adalah salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dalam memenuhi kesejahteraan ternak. Keragaman hijauan pakan minimal memperhatikan adanya komposisi rumputan, kacangan dan rumban, walaupun belum dalam komposisi ideal. Biasanya kalau yang bener-bener ternak itu betul-betul sejahtera dalam pengertian pakannya, kalau jenisnya hijauannya diatas 15 macam. Jadi perlu diperhatikan terhadap pendapat yang menyatakan bahwa ternak akan tumbuh baik jika kuantitas dan kualitas nutrisi pakan terpenuhi, tanpa memperhatikan kesejahteraan ternak . Dengan selalu memperhatikan pakan hijauan ternak yang seimbang bagi , kita berharap dapat meningkatkan kesejahteraan ternak, yang nantinya akan berdampak pada kualitas dan kuantitas produksi hasil ternak .

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=FUBsqNFuQOw

 

Fermentasi hijauan pakan kambing, rumput pakan sapi, hijauan adalah, rumput gajah pakan ternak, hijauan pakan ternak pdf, jenis rumput pakan kambing, jenis rumput pakan sapi, pakan hijauan, rumbai jaya, rumput ternak, tanaman pakan, rumput gajah pakan sapi, rumput pakan, jenis rumput pakan ternak sapi, pakan hijauan kambing, hijauan pakan kambing.


Hijauan pakan ternak kambing, jenis rumput gajah pakan ternak. Jenis rumput untuk pakan sapi, jenis tanaman pakan ternak, pakan hijauan ternak, pengertian hijauan, rumput untuk pakan sapi, rumput untuk pakan ternak, tanaman untuk pakan ternak. Hijauan makanan ternak pdf, jenis rumput untuk pakan kuda, khs urban express, pengolahan hijauan pakan ternak, rumban. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel