Komposisi Pakan Kambing Penggemukan Terbaik

 

Yuk Intip Komposisi Pakan Kambing Penggemukan Yang Terbaik



Peternak kambing yang masih melakukan cara tradisional, tentu akan sulit untuk berkembang. Bahkan dalam beberapa kasus, tubuh kambing menjadi lebih kurus dari pada yang biasanya. Maka dari itu, anda harus melengkapi nutrisi kambing dengan racikan fermentasi, konsentrat, dan lainya. Untuk komposisi pakan kambing penggemukan lebih lanjut, cek di sini!

Pentingnya Memenuhi Kandungan Nutrisi Ternak Kambing Agar Berkembang dengan Baik

Dalam budidaya ternak, aspek yang paling penting untuk diperhatikan yaitu pakan. Pemberian pakan yang baik dan benar akan berdampak pada produktivitas dari kambing. Alhasil, sebagai peternak anda bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya. Keberhasilan beternak ini akan bisa dicapai dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dari pakan kambing dari kualitas dan kuantitas.

Seperti yang sudah diketahui, dalam budidaya kambing ini memiliki potensi yang cukup signifikan jika dikembangkan di tanah air. Jenis ternak yang satu ini bisa dimanfaatkan dalam berbagai macam kesempatan. Misalnya saja, kambing akan sangat berguna untuk kebutuhan pemenuhan hewan ketangkasan, hewan kesayangan, hewan qurban, sampai dengan hewan qurban.

Keunggulan ternak kambing sangat mudah dalam pemeliharaannya, penanganan, sampai dengan pemberian pakan nya. Tapi tetap, komposisi pakan kambing penggemukan juga harus diperhatikan agar menghasilkan ternak yang berkualitas. Jika sudah begitu, anda bisa mendapatkan kambing yang memiliki nilai jual yang bersaing di pasaran.

Komposisi Pakan yang Tepat Untuk Penggemukan Kambing

1. Pakan Ternak Hijau Hijauan

Salah satu pakan utama yang paling disukai oleh kambing yaitu pakan hijauan. Biasanya, jenis pakan ini dapat berupa rumput segar yang telah diberi perlakuan secara khusus untuk  pengolahan lebih lanjut, misalnya diolah menjadi lebih  silase. Beberapa jenis hijauan yang bisa dijadikan referensi yaitu rumput pachong, rumput gajah, rumput raja, dan rumput lapang.

2. Pakan Konsentrat

Selanjutnya, ada juga pakan konsentrat yang ampuh untuk penggemukan kambing. Pakan ini bisa dibuat dari biji bijan dan limbah hasil pertanian. Beberapa komposisi pakan kambing penggemukan yaitu gandum, sorgum, gaplek, jagung, padi, hingga dedak. Selain itu, peternak juga bisa memanfaatkan limbah agro industri, seperti bungkil kedelai, bungkil kacang, dan lain lain.

Untuk membuat konsentrat dengan komposisi yang pas, maka kandungan serat kasar harus kurang dari 18% agar mudah dicerna. Selain itu, pakan Suplemen juga harus ditambahkan jika ingin mendapatkan kambing yang gemuk. Pakan suplemen akan lebih baik jika diberikan pada hewan ternak dalam bentuk premix, sebab menjadi sumber mikronutrien yang kaya akan mineral, vitamin, dan asam amino.

3. Pakan Tambahan

Ada juga jenis pakan tambahan yang merupakan pakan aditif (bahan alami maupun buatan). Jenis pakan yang satu ini bisa ditemukan pada antibiotik, probiotik, enzim, serta anti jamur yang dibuat dalam bentuk ransum. Sebagai patokan dalam penyusunan pakan ini, maka kebutuhan hidup pokok ternak kambing, bahan kering harus 1,5 - 2% dari berat badan.

Dengan memberikan komposisi pakan kambing penggemukan yang sesuai, maka bisa memberikan hasil dari ternak yang begitu berkualitas. Selain gemuk, kambing juga akan lebih sehat karena nutrisi pakannya terpenuhi dengan baik dan benar. Nutrisi tersebut, mulai dari karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein dapat tercukupi dengan baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Meskipun kambing ini dianggap sebagai daging hewan yang sangat laku pada momen momen tertentu, ternyata binatang ini juga laris di pasaran pada hari hari biasa. Untuk memenuhi kebutuhan pasar kuliner, maka kambing  yang dibutuhkan harus gemuk dan sehat. Maka dari itu, perawatan dan pemberian pakan yang baik bisa menghasilkan kambing yang berkualitas.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel