Antibiotik untuk Pengobatan Mastitis Kambing

 

Mengenal Apa Itu Antibiotik Mastitis Pada Kambing Dan Cara Mengobatinya


Bagi anda yang beternak kambing, maka ada banyak hal tentang gejala dan penyakit pada kambing domba yang perlu diperhatikan. Salah satu aspek penting yang perlu diketahui secara menyeluruh yaitu ternak yang terserang penyakit Mastitis. Penyakit ini bisa diatasi dengan antibiotik Mastitis pada kambing dengan cara pengobatan yang tepat. Penasaran bagaimana gejala dan cara mengobati penyakit yang satu ini? Cek informasinya di sini!

 




 

Mengenal Apa Itu Penyakit Mastitis pada Kambing

Mastitis menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh kambing yang bunting atau setelah masa persalinan. Penyakit ini akan menyerang kelenjar susu ternak dengan tanda yang cukup jelas secara signifikan yaitu pembengkakan dan kesakitan pada ambing susu. Meskipun begitu, ada beberapa jenis Mastitis yang terjadi tidak disertai gejala dan membutuhkan tes lab.

Umumnya, penyakit ini akan menyerang hewan ternak pada masa produksi susu atau masa kering. Hal ini terjadi pada saat dua minggu sebelum melahirkan atau setelah penghentian pemerahan. Namun, ada waktu rawan kenapa kambing bisa mengalami penyakit yang satu ini yaitu pada beberapa hari setelah melahirkan.

Hal ini karena pada masa pasca melahirkan, kondisi tubuh ternak sedang mengalami penurunan karena sedang dalam pemulihan melahirkan.  Efeknya, kemampuan tubuh melawan infeksi menjadi lebih lemah dan berkurang. Hal ini akan sangat berisiko pada ternak yang sudah tua, sehingga membutuhkan antibiotik mastitis pada kambing dan cara mengobatinya.

Gejala Terjadinya Infeksi Penyakit Mastitis pada Kambing

Penyakit yang satu ini datang dengan gejala atau tanda tanda yang mengindikasikan terkena infeksi. Beberapa diantaranya yaitu infeksi dari dalam tubuh dan juga dalam organ tubuh melalui pembuluh darah. Jika infeksi yang dari luar, maka ini akan menyerang lubang puting karena diperah oleh anakannya.

Selain itu, perbedaan lokasi infeksi serta jenis bakteri bisa memberikan gejala yang secara signifikan baik dari klinis maupun laboratoris. Di sisi lain ada jalur infeksi yang terjadi karena saluran darah karena bakteri Brucella Abortus. Bakteri ini mulanya berasal dari organ reproduksi dan akhirnya menyebar secara menyeluruh ke dalam tubuh.

Langkah Pemeriksaan Mastitis Pada Kambing Secara Mandiri

Untuk mengetahui bagaimana penyakit ini berkembang, maka anda bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri. Caranya, lakukan terlebih dahulu pengekangan dengan tali. Tujuannya yaitu agar hewan tidak berontak dan menjaga keamanan bagi pemeriksanya dengan baik. Hal ini penting dilakukan sebelum diberi antibiotik Mastitis pada kambing.

Setelah itu, raba kambing dan lakukan pemeriksaan pada tubuhnya, perhatikan apa ada respon atau tidak. Tak berhenti sampai di situ saja, pemeriksaan harus dilakukan dengan pemerahan pada kambing. Lihat apakah ada perubahan ketika anda melakukan tes tersebut dan melihat bentuk cairan susunya, seperti bercampur dengan darah, encer, dan lain sebagainya.

Langkah Pengobatan Penyakit Mastitis pada Kambing dengan Antibiotik

Seperti yang sudah diketahui, mastitis ini menjadi salah satu penyakit yang sangat umum terjadi pada ternak betina untuk pemerahan susu. Beruntungnya, penyakit ini bisa diatasi dengan mudah jika menerapkan beberapa langkah yang tepat. Salah satunya yaitu dengan peningkatan sanitasi kandang dan penerapan higiene pemerahan susu yang baik.

Pasalnya, penyakit yang satu ini terjadi akibat bakteri dan jarang disebabkan oleh jamur. Jadi kebersihan menjadi  langkah utama yang bisa diterapkan. Jika sudah begitu, anda juga bisa memberikan antibiotik mastitis pada kambing sehingga agar dapat lebih ampuh mengobatinya dan tidak terserang penyakit tersebut..

Secara keseluruhan, langkah pencegahan sangat penting  diterapkan dengan baik agar kasus tidak muncul dan merugikan peternak. Tetapi jika tidak bisa terkendali, maka antibiotik sangat diperlukan dalam pengobatan Mastitis, sehingga pengobatan menjadi efektif dan bekerja secara ampuh pada kambing.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel