Ciri Ciri Kambing Birahi Yang Wajib Diketahui

 

Agar Reproduksi Lancar, Berikut CiriCiri Kambing Birahi Yang Wajib Diketahui!




Ada banyak peristiwa fisiologis yang akan dialami kambing, salah satunya birahi atau estrus. Agar perkawinan dan reproduksi kambing domba berjalan dengan lancar dan terkendali, maka peternak harus mengetahui ciri ciri kambing birahi. Dengan begitu, peternak bisa mengambil langkah demi langkah yang tepat untuk mendapatkan reproduksi yang maksimal. Untuk informasi lebih lengkap, simak di sini!

 

Pemeliharaan Kambing Di Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, pemeliharaan ternak kambing di tanah air masih cenderung dilakukan secara tradisional. Hal ini memberikan peluang yang lebih kecil untuk mendeteksi birahi secara dini. Sehingga, terkadang hal ini menjadi kurang diperhatikan bagi para peternak. Padahal, aspek ini penting untuk diperhatikan agar meningkatkan performa reproduksi ternak.

Mengingat hal tersebut, maka sebagai peternak anda wajib mengetahui bagaimana tanda kambing yang birahi. Kika dideteksi secara dini, tentunya reproduksi pada hewan ternak kambing anda bisa menjadi lebih maksimal. Dengan begitu, anda bisa segera untuk mengawinkan kambing agar cepat bereproduksi.

Reproduksi Pada Kambing

Agar tidak telat untuk mengidentifikasi ciri ciri kambing birahi, maka bisa menjadikan patikan umur dari kambing. Sesuai siklus atau daur hidup kambing, birahi pertama terjadi pada ternak berkisar pada umur 6 sampai dengan 12 bulan. Pada masa ini, betina akan mengalami masaknya ovum (telur) atau yang lebih dikenal dengan sebutan ovulasi.

Meskipun pada masa pubertas pertama organ kelamin belum sempurna, tetapi hal ini patut diketahui oleh peternak.  Karena alasan tersebut, ternak kambing akan dikawinkan setelah umurnya mencapai lebih dari satu tahun. Masa birahi terjadi hanya dalam beberapa saat, sewaktu hormon estrogen pada kambing sedang mencapai puncak puncaknya.

Bisa diketahui, birahi kambing terjadi sekitar 24 sampai dengan 48 jam dari siklus estrus. Di dalam siklus yang satu ini setidaknya kambing akan memerlukan waktu yang cukup banyak yaitu 20 sampai dengan 21 hari dalam ciri ciri kambing birahi. Sedangkan ternak betina akan memiliki jumlah ovum yang berbeda di setiap ovulasinya yaitu dua sampai dengan tiga buah.

Tanda Tanda Kambing Birahi

Birahi menjadi salah satu indikasi seksualitas yang telah siap secara fisik dan mental untuk melakukan hubungan seksual. Istilah yang satu ini memang biasa digunakan dalam konteks hewan ternak  yang bertujuan untuk bereproduksi. Dimana, hal ini juga sangat penting untuk melanjutkan keturunan individu tersebut agar tidak punah.

Sebagai peternak, penting untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri  birahi pada kambing ternaknya. Biasanya ini akan muncul secara alami maupun dipicu untuk muncul. Dengan mengetahui tanda tanda tersebut, tentunya besar kemungkinan memperbesar peluang ternak tersebut untuk bunting dan bereproduksi dengan baik.

Ciri ciri yang bisa anda identifikasi pada hewan ternak yaitu kambing cenderung tampak gelisah dan tidak tenang. Selain itu, kambing akan sering mengeluarkan suara suara yang diikuti dengan kibasan ekornya. Apabila ekor dipegang, maka arahnya cenderung ke atas dan tidak tenang. Selain itu, betina yang birahi akan lebih menempel dengan jantan dan ingin selalu mendekatinya.

Tak berhenti sampai di situ saja, ciri ciri kambing birahi diikuti dengan vulva kemerahan disertai lendir. Jika disentuh, kemaluannya akan terasa hangat pada saat birahi. Untuk tingkah laku libido, tentu akan semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari seringnya menggosok gosokkan pantat, atau bahkan keinginan untuk menaiki hewan lainnya.

Jika anda menemukan tanda tanda tersebut pada hewan ternak, itu artinya kambing sedang mengalami birahi. Jika sudah begitu, maka segera kawinkan kambing agar bereproduksi dengan baik. Jangan sampai mengabaikan tanda tanda tersebut, sehingga ternak anda bisa bereproduksi secara optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel