Waspadai Ciri Ciri Kambing Mandul

 

Waspadai Ciri Ciri Kambing Mandul! Yuk Simak Informasinya Di Sini!



Kambing memang menjadi salah satu hewan ternak yang paling banyak dipilih karena kemudahan perawatannya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menjadikan kambing tidak mudah diternakkan yaitu karena faktor reproduksi kambing domba yang kurang baik atau mandul. Agar tidak menyebabkan permasalahan serius, yuk intip ciri ciri kambing mandul, seperti ulasan berikut ini! 

 

Penyebab Dari Kambing Yang Mandul

Kondisi kambing betina yang mandul tentu terjadi bukan bukan karena sebab. Hal ini terjadi karena dalam proses reproduksinya kambing memiliki genetik atau keturunan. Maka dari itu, sebelum mengawinkan kambing, ada baiknya jika anda memilih bibit anakan kambing unggul yang memenuhi kriteria untuk dikawinkan dengan benar.

Selain faktor genetik, ternyata ada lagi penyebab dari kambing yang mandul yaitu karena usianya yang terlalu cepat dikawinkan. Pasalnya, dalam hal ini reproduksi kambing masih belum siap sedia untuk dikawinkan dengan benar. Kambing yang terlalu cepat untuk bunting atau terlalu mudah menjalani proses perkawinan akan meningkatkan risiko dari kemandulan.

Tak berhenti sampai di situ saja, penyebab dan ciri ciri kambing mandul juga bisa diketahui dengan kondisi yang terlalu gemuk. Sama halnya dengan manusia, kondisi fisik menjadi kurang ideal pada kambing jika memiliki berat atau badan yang terlalu gemuk. Hal ini tentunya juga membuat kambing tidak dibuahi dengan baik oleh kambing jantan.

Tanda Tanda Yang Bisa Diketahui JikaKambing Mandul

Ketika Anda ingin membeli bibit kambing yang unggul, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu karakteristik dari tubuh kambing tersebut. Anda bisa melihat dari segi warnanya, pola telinga, pola tubuh, sampai dengan sistem reproduksi yang baik. Pasalnya, jika anda hanya asal asalan saja dalam membeli kambing untuk diternakkan, maka  bisa saja mendapatkan kambing mandul.

Jangan lupa juga lihatlah tulang kambing apakah besar atau tidak dalam pertumbuhannya. Jika ukurannya semakin besar, maka pertumbuhannya juga akan kian maksimal. Kondisi tersebut dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi anda ketika membeli bibit unggul kambing dan ciri ciri kambing mandul.

Bagian penting lainnya yang tak boleh tertinggal untuk diidentifikasi yaitu pada bagian  ambing. Organ tubuh yang satu ini merupakan kelenjar atau penghasil susu yang berada di bagian bawah tubuh kambing. Hal ini bisa menjadi acuan dari produktivitas kambing apakah baik atau tidak jika dikawinkan nantinya.

Secara umum, kambing sudah siap dalam masa birahi ketika berumur 6 bulan. Secara fisik, memang hal ini sulit untuk ditebak apakah kambing ini memiliki produktivitas yang unggul atau tidak.  Namun, anda bisa mengidentifikasi dengan baik apakah kambing bisa bereproduksi dengan  ciri yaitu mengalami pembesaran di bagian ambing.

Maka dari itu, anda patut mewaspadai terhadap kambing yang sudah tua tetapi bentuk ambingnya masih kecil. Hal ini bisa mengindikasi kemandulan dari kambing. Agar dapat menghindari kemandulan pada kambing peliharaan, ada baiknya jika anda membeli pejantan dan indukan langsung dari peternakan terpercaya agar tidak mengalami kejadian tersebut.

Ciri ciri kambing mandul memang harus diperhatikan agar mampu mengidentifikasi penyebab kemandulannya. Jika disebabkan oleh faktor genetik, maka kambing betina bisa jadi tidak dapat dijadikan bibit unggul atau indukan agar menghasilkan anakan. Tetapi jika bukan faktor generik, maka anda bisa mengatasinya dengan cara menjaga nutrisi dan kebutuhan pakan.

Itulah beberapa informasi yang harus anda ketahui mengenai penyebab serta tanda  & ciri-ciri kenapa kambing betina mandul yang perlu diperhatikan. Jika anda mengetahuinya dengan pasti, tentu anda dapat mengatasi maupun mencegahnya. Dengan begitu, anda bisa menjalankan peternakan kambing dengan baik.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel