Syarat Dan Tata Cara Kurban Kambing

 

Yuk Intip Syarat Dan Tata Cara Kurban Kambing Yang Baik Disini

 

Ibadah kurban merupakan ibadah sunnah muakkad yang dapat dilakukan ketika hari raya idul adha. Melakukan ibadah ini memiliki manfaat langsung untuk terhubung dengan Allah dan sesama manusia. Meski demikian, melaksanakan ibadah ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda perlu memahami syarat dan tata cara kurban kambing sebagai berikut.

 


 

Syarat Utama Hewan Kambing Untuk Kurban

Sebagaimana jenis hewan lainnya, kambing yang hendak dikurbankan memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi. Yaitu usia yang dimiliki dan kondisi Kesehatan kambing. Pemberian syarat tersebut pada dasarnya dilakukan untuk menghadirkan kondisi daging yang layak dan nikmat untuk dikonsumsi.

Syarat usia minimal kambing yang hendak dikurbankan adalah 1 tahun. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan pertumbuhan gigi depan. Umumnya, masyarakat menyebut tanda seekor kambing sudah siap dikurbankan dengan ciri memiliki gigi poel. Yaitu pergantian gigi susu dengan gigi permanen yang ditandai dengan ukuran gigi yang lebih besar.

Hadits riwayat Muslim menyebutkan seekor kambing kurban berumur minimal satu tahun atau telah masuk tahun kedua. Meski demikian, anda juga bisa memilih kurban kambing yang telah jadza’ah jika syarat sebelumnya sulit ditemukan. Hal yang dimaksudkan dalam kata jadza’ah adalah kambing yang telah berusia enam bulan hingga 1 tahun.

Tak hanya syarat minimal usia, anda juga perlu memperhatikan usia maksimal kambing untuk menghadirkan daging yang nikmat dan layak dikonsumsi. Dalam hal ini, anda tidak disarankan untuk memilih kambing yang terlalu tua karena dapat menghadirkan daging yang terlampaui keras.

Begitu pula, kondisi kambing yang sehat adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Rasulullah SAW telah merinci beberapa kondisi hewan yang tidak boleh dikurbankan seperti hewan yang buta matanya, pincang, sakit, cacat, sangat kurus dan tidak memiliki sumsum tulang belakang. Untuk itu, anda perlu memilih kambing berkualitas dengan melihat ciri fisik secara detail.

Pemilihan hewan kambing yang cacat dapat diperkirakan mengidap penyakit berbahaya. Tentunya, memilih kurban kambing yang tidak berkualitas menjadi tidak sah karena dapat berbahaya bagi manusia yang memakan daging hewan tersebut. Terlebih lagi jika kambing ini mengidap penyakit menular seperti scabies atau kudis, antrax dan cacing hati.

 

Tata Cara Menyembelih Kambing Untuk Kurban

Penyembelihan hewan kambing ketika idul adha untuk ibadah kurban pada dasarnya disunnahkan untuk disembelih sendiri oleh orang yang berkurban. Terlebih lagi jika orang yang berkurban memiliki jenis kelamin laki-laki dan mampu menjagalnya. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir karena penyembelihan ini dapat diwakilkan oleh orang lain.

Langkah utama yang harus diperhatikan dalam menyembelih kambing adalah menghadapkan diri dan hewan yang disembelih ke arah kiblat. Lalu, proses penyembelihan kambing yang baik dilakukan dengan merebahkannya. Kemudian, kaki hewan tersebut perlu diikat dengan menghadap ke sebelah rusuk kiri agar mudah dijagal.

Cara penyembelihan hewan kurban umumnya dilakukan pada bagian pangkal leher. Dalam hal ini, anda sangat dianjurkan untuk menggunakan alat yang tajam agar kurban kambing cepat mati dan tidak tersiksa. Proses penyembelihan hewan yang baik dilakukan dengan membaca basmalah, takbir tiga kali, shalawat nabi dan menyembelih hewan.

Itulah beberapa ulasan yang harus anda ketahui sebelum melakukan ibadah kurban. Tentunya, syarat sah pemilihan hewan kurban alangkah baiknya jika dipenuhi terlebih dahulu. Anda bisa menghubungi Madani Farm Jogja untuk mendapatkan hewan yang sehat dan berkualitas. Tak hanya kambing, anda juga bisa memilih berbagai jenis hewan ternak lain disini.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel