Tips Memilih Kambing Domba Qurban Yang Baik

 

Begini Tips Memilih Domba Qurban Yang Baik Dan Benar

 

Terdapat berbagai jenis hewan yang boleh digunakan untuk berqurban. Domba menjadi salah satu jenis hewan ternak yang banyak dipilih karena mudah ditemukan di Indonesia. Sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk mengetahui bagaimana kriteria yang sesuai dengan ketentuan islam.  Yuk simak tips memilih domba qurban yang baik dan benar disini.

 

 



 

Kriteria Memilih Domba Yang BaikUntuk Qurban

1. Umur Minimal Kambing Kurban

Qurban merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang sangat dianjurkan terlebih bagi yang mampu. Ibadah ini hanya dilakukan setahun sekali sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bahkan nilai pahala yang diterima lebih besar dibandingkan dengan sedekah biasa. Inilah alasan mengapa hewan qurban harus dipilih dengan baik dan benar.

Domba sering digunakan untuk hewan qurban karena bisa ditemukan dengan mudah. Selain itu pilihan jenisnya juga cukup banyak. Salah satu kriteria domba yang bisa digunakan untuk berqurban adalah mereka yang sudah cukup umur. Dari berbagai jenis yang ada, umur 1 sampai 2 tahun adalah perkiraan domba yang pas untuk binatang qurban.

2. Gemuk Dan Sehat

Tubuh yang gemuk bisa menjadi salah satu indikator bahwa domba tersebut sehat. Meskipun begitu, kamu harus pastikan betul bahwa domba qurban itu tidak terserang virus atau bakteri. Hal ini bisa kamu tanyakan kepada penjualnya. Cara lain untuk memastikan domba dalam keadaan sehat adalah dengan mengamati gerak geriknya. 

Selain itu domba yang gemuk menjadi salah satu kriteria hewan yang disukai oleh Allah. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad, “sesungguhnya qurban yang paling dicintai Allah adalah hewan yang paling mahal dan paling gemuk.” Hal tersebut menjadi alasan mengapa dulu Nabi Muhammad dan para sahabat merawat hewan qurbannya dengan baik.

3. Bebas Dari Cacat

Sudah sepatutnya kamu memilih hewan qurban yang tidak cacat. Pastikan domba tersebut tidak pincang atau buta. Hewan ternak yang terlalu kurus dan tampak tidak sehat bisa dikategorikan sebagai bentuk kecacatan. Domba yang tidak sempurna lebih baik tidak dipilih. Ganti saja dengan domba yang yang lebih baik dan layak untuk disembelih.

Pertimbangkan setiap kriteria hewan qurban dengan benar agar sesuai dengan syariat islam. Domba qurban yang baik akan membawa kesempurnaan pada ibadah sunnah yang kamu jalankan. Selain itu qurbanmu akan diterima oleh Allah. Idul Adha yang hanya terjadi setahun sekali hendaknya dipersiapkan dengan baik. Tidak boleh asal memilih hewan qurban.

4. Perhatikan Kondisi Gigi Domba

Hewan ternak yang dapat digunakan sebagai hewan qurban adalah mereka yang telah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Lantas tahukah kamu bagaimana perbedaan gigi susu dan gigi tetap? Gigi susu terlihat runcing dan kecil sedangkan gigi tetap memiliki bentuk yang lebih besar dan rata.

5. Telinga Dan Tanduknya Utuh

Salah satu bagian yang seringkali hilang atau rusak adalah telinga dan tanduk. Telinga domba bisa rusak akibat adanya pertarungan dengan domba lain. Selain itu tanduk yang pecah juga membuat domba menjadi makruh dipilih sebagai hewan qurban. Tentu hal tersebut sangat disayangkan. Lebih baik pilih domba qurban yang fisiknya utuh.

Selama domba yang dipilih sesuai dengan ketentuan islam, qurban yang kamu lakukan insya Allah diterima oleh-Nya.  Sempatkan waktu untuk berkeliling agar mendapat domba yang paling baik. Salah satu penyedia hewan ternak untuk qurban adalah Madani Farm Jogja. Berbagai informasi lain terkait dengan peternakan tersebut bisa anda buka di https://www.madani-farm.com.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel