Mengenal Tabungan Untuk Qurban

 

Tunaikan Ibadah Qurban Lebih Praktis Dengan Tabungan Qurban

Tak hanya orang kaya, setiap muslim pasti mendambakan untuk ikut serta dalam menjalankan ibadah qurban idul adha. Terlebih lagi ibadah ini mendatangkan banyak manfaat kebaikan. Sayangnya, harga hewan qurban yang tergolong cukup mahal membuat banyak orang kesulitan. Untuk itu, tabungan qurban merupakan solusi alternatif yang bisa anda gunakan. 

 

Mengenal Tabungan Qurban

Sebagaimana namanya, tabungan untuk kurban merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan uang dalam rangka memenuhi kebutuhan ibadah qurban ketika hari raya idul adha. Kegiatan menabung ini dilakukan dengan proses cicilan hingga mencapai batas tertentu agar bisa digunakan untuk membeli hewan ternak.

Keberadaan tabungan ini diduga memiliki manfaat penting untuk merealisasikan niat dalam beribadah. Lazimnya, penggunaan alat transaksi ini memiliki hukum mubah atau boleh karena tidak ada sebuah dalil yang melarang. Penggunaan alat ini dapat dikatakan al wasaail laha ahkamul maqasyid atau sebuah sarana untuk mewujudkan kebaikan sehingga mendapatkan balasan pahala.

Penggunaan alat transaksi ini tergolong mudah dan praktis. Pasalnya, tabungan qurban hanya memerlukan setoran awal yang ringan tanpa biaya administrasi. Syarat pendaftaran tabungan hanya perlu dilakukan dengan menyerahkan fotocopy KTP atau KK. Selanjutnya, anda dapat memberikan setoran bulanan dalam rangka pemenuhan kebutuhan qurban minimal 10rb rupiah.

Tabungan untuk qurban lebih unggul dibandingkan dengan tabungan biasa karena tidak ada biaya bulanan yang harus dikeluarkan. Anda tidak perlu bingung membayar zakat karena pemotongan zakat dapat dilakukan secara otomatis dari kegiatan bagi hasil yang anda dapatkan. Selain itu, alat transaksi ini menggunakan akad mudharabah sehingga dapat dijamin kehalalannya.

Menariknya, pendaftaran tabungan dapat dilakukan di berbagai bank Syariah yang ada di lingkungan terdekat. Anak-anak yang belum memiliki KTP pun bisa didaftarkan tabungan qurban dengan melampirkan fotocopy KK. Dengan menyetorkan uang secara rutin, perencanaan ibadah qurban idul adha dijamin mudah direalisasikan dan terasa lebih ringan.

Tips Merencanakan Ibadah Qurban Dengan Sistem Tabungan

Penggunaan tabungan untuk qurban memiliki sistem perencanaan ibadah yang lebih baik. Pasalnya, instansi yang bertugas menyediakan paket tertentu sesuai kebutuhan anda. Untuk itu, anda bisa merencanakan jenis hewan yang akan dipilih dengan mengasumsikan biaya kenaikan harga. Sehingga nominal dana yang akan ditabung setiap bulannya menjadi lebih jelas.

Begitu pula, anda bisa melakukan transaksi pembelian hewan qurban jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih mudah, Namun, pembelian dalam jenis ini sebaiknya perlu diperhatikan dengan teliti. Anda harus melakukan cek dan ricek dengan tepat untuk memastikan lembaga mitra amanah dan profesional.

Penggunaan sistem tabungan qurban juga dapat dilakukan dengan praktis melalui fitur auto transfer. Dalam hal ini, anda perlu mengetahui nominal dana yang akan ditabung setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan ini. Selanjutnya, pilihlah fitur auto transfer untuk melakukan transaksi pembayaran produk secara teratur.

Penggunaan alat atau tabungan untuk qurban akan memudahkan anda dalam melaksanakan ibadah dengan tepat. Pembayaran yang dilakukan dalam bentuk cicilan bulanan seringkali terasa lebih ringan dibandingkan dengan mengeluarkan jumlah uang besar sekaligus. Tentunya, anda bisa memilih produk dari berbagai bank Syariah dengan akad mudharabah.

Itulah beberapa ulasan terkait tabungan yang bisa anda gunakan untuk merencanakan ibadah qurban. Kemudahan yang ditawarkan membuat anda dapat melakukan ibadah lebih praktis hanya dengan mengeluarkan jumlah uang yang tidak terlampau besar setiap bulan. Menariknya lagi, anda bisa memilih  kambing  kurban berkualitas yang memenuhi syarat umur minimal di Madani Farm Jogja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel