Syarat Ketentuan Hewan Kambing Domba Qurban

 

Mengenal Syarat Kambing Qurban YangHarus Dipenuhi Menurut Hukum Islam

Penamaan ibadah ‘qurban’ pada dasarnya berasal dari bahasa arab ‘qariba’ yang berarti dekat atau mendekatkan. Untuk itu, pelaksanaan ibadah alangkah baiknya dilakukan dengan memenuhi syariat hukum islam yang berlaku. Lantas, apa saja syarat kambing qurban yang harus dipenuhi dalam melaksanakan jenis ibadah yang satu ini? Yuk simak beberapa ulasan berikut.

 

Syarat Yang Harus Dipenuhi KetikaMelaksanakan Qurban Dengan Hewan Kambing

1. Termasuk Jenis Hewan Ternak

Syarat utama hewan yang boleh digunakan untuk melaksanakan ibadah qurban adalah hewan ternak. Misalnya saja kambing, sapi, kerbau maupun unta. Untuk itu, memilih kambing untuk qurban alangkah baiknya yang sudah menjadi hewan ternak. Sejenis kambing liar dengan perawakan yang langka dan unik tidak termasuk syarat sah yang bisa digunakan.

Jenis kambing yang memenuhi syarat untuk dijadikan qurban adalah sejenis domba dan kambing biasa. Lazimnya, kedua jenis ini memiliki perbedaan jika dilihat dari tampilan luarnya. Domba memiliki tampilan bulu tebal, halus dan berwarna putih. Hewan yang satu ini seringkali dipelihara sebagai bahan pembuatan wol.

Selanjutnya, syarat kambing qurban yang harus dipenuhi adalah pemilihan jenis kambing biasa sebagai hewan ternak. Meski termasuk kambing biasa, hewan yang satu ini pada dasarnya memiliki banyak jenis dan banyak dipelihara. Beberapa jenis kambing tersebut meliputi kambing jawarandu, kambing etawa, kambing kacang dan lainnya.

2. Terbilang Sudah Cukup Umur

Ibadah qurban ketika idul adha dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak sesuai dengan syariat. Kemudian, daging hewan yang telah disembelih tersebut akan diberikan kepada orang yang berqurban dan keluarga, kerabat atau tetangga sekitar, serta golongan fakir miskin yang membutuhkan.

Tujuan penyembelihan hewan untuk dikonsumsi tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda bisa memilih kambing dari Madani Farm Jogja dengan kondisi umur tertentu agar mendapatkan daging yang empuk dan lembut. Untuk itu, anda bisa memilih jenis kambing yang sudah cukup umur untuk disembelih.

Lazimnya, jenis kambing domba yang cocok untuk disembelih harus berusia sekitar 6 bulan. Sedangkan kambing biasa yang dapat disembelih harus memiliki minimal batasan umur 1 tahun atau akan masuk tahun ke-2. Anda tentu tidak perlu khawatir karena syarat umur minimal kambing kurban yang satu ini dapat ditandai dengan pergantian gigi depan.

3. Sehat Dan Tidak Cacat

Syarat lain yang harus dipenuhi agar seekor kambing menjadi sah sebagai hewan qurban adalah kondisi fisik yang sehat. Kondisi ini dapat ditandai dengan keberadaan hewan yang mampu berdiri dengan kokoh, memiliki nafsu makan yang baik, aktif bergerak sebagaimana mestinya dan tidak mengidap penyakit.

Tak cukup kambing yang sehat, anda juga perlu memilih hewan kambing berkualitas dan tidak cacat. Rasulullah SAW bahkan telah merinci beberapa kondisi hewan yang tidak boleh menjadi hewan qurban seperti mata buta sebelah, pincang, sangat kurus dan tidak memiliki sumsum tulang belakang. Untuk itu, anda sangat disarankan untuk mengamati kondisi fisik secara detail dalam memilih.

4. Bukan Milik Orang Lain

Sebagai ibadah yang diniatkan untuk diri sendiri, syarat kambing qurban yang harus dipenuhi adalah kepemilikan. Lazimnya, kambing yang digunakan untuk ibadah qurban harus milik pribadi. Anda bahkan tidak disarankan untuk menggunakan hewan gadai, hewan warisan maupun hewan yang didapatkan dari hasil mencuri.

Ibadah qurban yang ditujukan untuk kebaikan alangkah baiknya jika dipenuhi dengan memilih hewan kambing kurban yang berkualitas. Tentunya, beberapa syarat sah di atas harus dipenuhi agar ibadah anda diterima dengan baik dan mendapat balasan pahala. Tak perlu khawatir, Madani Farm Jogja telah menyediakan berbagai hewan ternak berkualitas untuk ibadah qurban.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel