Jangan Sampai Salah! Ketahui Cara Pemberian Konsentrat pada Kambing yang Benar


Beternak kambing sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya di kalangan para peternak. Banyak orang yang mulai beralih beternak kambing sebagai tabungan jangka panjang. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan kesehatan ternak dengan memperhatikan pemberian pakan, seperti konsentrat.

Jangan Sampai Salah! Ketahui Cara Pemberian Konsentrat pada Kambing yang Benar

Tujuan Pemberian Konsentrat

baca juga: Rahasia Ternak Lancar! Ketahui Cara Merawat Anak Kambing Tanpa Induk

Sebagai peternak yang baik, anda perlu mengetahui tujuan dari pemberian konsentrat pada kambing. tujuannya yaitu sebagai makanan penguat kambing. makanan ini merupakan sumber energi serta sumber protein ternak. Sehingga, kandungan gizi dalam pakan semakin meningkat dan bobot kambing juga bertambah. Ada 3 macam pemberian konsentrat untuk penggemukan.

3 Macam Peberian Pakan Penggemukan

1. Cara Pemberi Pakan Konsentrat

Cara pemberian pakan konsentrat pada kambing atau pakan komplit dimulai dari jumlah sedikit terlebih dahulu. Berbeda dengan pakan berserat yang diberikan dalam jumlah banyak. Namun, perlahan-lahan, jumlah pemberian konsentrat perlu ditingkatkan seiring dengan penurunan jumlah pakan berserat. Anda juga wajib mengamati kesehatan kambing dengan masalah yangs sering muncul.

Bila ternak anda tidak mengalami gangguan atau masalah kesehatan, anda bisa meneruskan penambahan pemberian pakan konsentrat hingga 100% dengan pelan-pelan. Jumlah pakan yang anda berikan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan domba dalam mengkonsumsi pakan.

2. Pemberian Konsentrat dan Hijauan dengan Terpisah

Dalam meraih Average Day gain yang optimal, anda sebaiknya menyediakan hijauan di tempat makan kambing. Sedangkan pakan konsentrat yang diberikan rata-ratanya yaitu 0,5 kg/ekor/hari. Jumlah ini yaitu angka rata-rata dari awal penggemukan hingga akhir penggemukan. Anda bisa memberikan 0,4 kg/ekor/hari pada awal, 0,5 kg/ekor/hari di tengah, 06 kg/ekor/hari di akhir.

Cara membuat pakan konsentrat tergolong mudah, anda hanya membutuhkan bahan berupa biji-bijian yang digiling, seperti jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak, dan bekatul. Bahan-bahan tersebut ditambahkan molases yang mengandung karbohidrat tinggi, vitamin B kompleks dan vitamin lainnya yang larut dalam air.

Waktu melakukan cara pemberian konsentrat pada kambing dilakukan pada pagi dan sore hari. Anda bisa memberikan jumlah konsentrat yang sama yaitu dengan jumlah 50%. Anda bisa memberi kambing pakan konsentrat pada pukul 06.00 – 07.00. Pastikan bahwa ternak anda memperoleh asupan konsentrat yang sesuai dengan takaran.

Untuk memastikan kambing memperoleh pakan konsentrat yang baik, anda perlu menggunakan wadah makanan khusus tempat konsentrat. Anda perlu menggunakan wadah yang berbahan kayu. Bila kandang kambing berupa koloni, anda bisa memisahkan pakan hijauan dan pakan konsentrat agar kambing tidak kesulitan mengambil keduanya.

Untuk menjaga efektivitas dalam pencernaan hijauan, sebaiknya anda memberi rumput pada pukul 13.00 sedikit demi sedikit agar tidak tercecer. Anda bisa memberi pakan konsentrat kembali pada 15.00. Jika rumput belum habis, anda bisa menaburkannya di atas rumput sedikit demi sedikit pada pukul 16.00.

3. Pemberian Pakan Komplit pada Kambing

Pakan komplit diberikan pada kambing untuk mempercepat laju pertumbuhannya. Jumlah yang diberikan selama penggemukan rata-ratanya yaitu 1 kg/ekor/hari. Pada awal penggemukan, jumlah pemberiannya yaitu sekitar 0,8 kg/ekor/hari. Lalu, ditambah secara bertahap hingga 1,2 kg/ekor/hari pada akhir penggemukan.

Kambing yang diberi pakan komplit akan memiliki bobot akhir 30 kd dengan ADG sebesar 120 kg/hari serta konversi pakan 8 dengan penggemukan selama 3 bulan. Adapun harga pakan kambing per kg yang berbagai macam. Dengan memberikan pakan komplit atau konsentrat yang sesuai, penggemukan kambing dapat berjalan dengan lancar.

Nah, itulah informasi mengenai cara pemberian konsentrat pada kambing yang perlu anda ketahui. Ada tiga jenis pemberian konsentrat yang bisa anda terapkan untuk menggemukkan kambing. Namun, anda perlu memperhatikan kesehatan dan wadah makan kambing. Anda bisa menggunakan produk dari Madani Farm dengan mengakses laman resminya yaitu https://www.madani-farm.com/


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel