Begini Cara Mengobati Kambing Mencret secara Tradisional

 Cara Mengobati Kambing Mencret secara Tradisional

 

Pemeliharaan kambing memang tidak terlalu sulit tetapi juga tidak bisa diremehkan. Sebab, kambing dapat terserang berbagai penyakit yang membuat peternak kewalahan dalam mengobatinya. Bila diabaikan, kematian ternak bisa terjadi. Oleh sebab itu, peternak wajib mengetahui cara mengatasi ternak yang mencret dengan obat kambing mencret tradisional sebagai berikut.

Begini Cara Mengobati Kambing Mencret secara Tradisional

Penyebab Kambing Mencret

baca juga: Peternak Kambing Wajib Tahu! Begini Cara Mengobati Kambing Masuk Angin yang Ampuh

kambing yang mencret tidaklah hanya sebuah penyakit tetapi merupakan gejala dari penyakit yang menyerang saluran pencernaan kambing. beberapa faktor yang menyebabkan ternak mencret yaitu pergantian pola pakan mendadak, faktor cuaca, transportasi, kuantitas dan kualitas pakan, infeksi mikroorganisme, dan asidosis rumen.

Tanda-tanda Kambing Mencret

Sebelum mengobati kambing, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda dari kambing yang menderita diare. Adapun beberapa tanda-tanda yang perlu anda kenali yaitu kotoran kambing encer berwarna hijau terang, hijau gelap atau hijau kekuningan. Selain itu, bulu disekitar dubur kambing kotor karena kotorannya yang terlalu encer.

Anda juga bisa mengenalinya dari perilaku kambing yang lesu, lemas, dan tidak nafsu makan. Tentunya, jika ternak anda memiliki semua tanda-tanda tersebut, dapat dipastikan bahwa ternak anda menderita diare dan membutuhkan penanganan agar tidak berakibat fatal dan terhindar dari kematian.

Apa Obat Kambing Mencret ?

1. Siapkan Bahan-bahan Ramuan Tradisional

Cara mengobati kambing mencret secara tradisional dapat anda dimulai dengan menyiapkan semua bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan tersebut yaitu daun jambu biji 7 lembar, kunyit 5 ruas, garam setengah sendok teh dan air kelapa 200 ml. pastikan bahwa semua bahan terkumpul dengan lengkap untuk membuat ramuan obat tradisionalnya.

2. Tumbuh Daun Jambu serta Kunyit dan Saring

Anda perlu mencuci daun jambu dan kunyit yang telah disiapkan terlebih dahulu. Lalu, tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit demi sedikit air kelapa hingga tercampur dengan rata dan saring. Anda dapat menggunakan alat saringan untuk menyaringnya dan uraikan bahwa ampasnya terpisah dari air. Tambahkan garam pada hasil saringan.

3. Berikan pada Kambing

Setelah ramuan tradisional obat mencret kambing siap, anda bisa memberikannya kepada kambing sebanyak 1 gelas (250ml) setiap harinya selama 3 hari berturut-turut dengan cara dicentang atau dicekoki juga bisa. Pastikan bahwa kambing anda meminumnya sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

4. Siapkan Bahan untuk Membuat Oralit

Selain obat ramuan tradisional tersebut, anda juga peru memberikannya obat oralit alami. Ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan terlebih dahulu yaitu 1 sendok garam, 1 sendok makan gula, dan 1 liter air. Bahan-bahan inilah yang nantinya akan dicampurkan dan diberikan kepada kambing untuk diminum sebagai obat oralit alami.

5. Campur Bahan dan Berikan pada Kambing sesuai Takaran

Tidak hanya ramuan tradisional, larutan oralit alami juga memiliki takaran yang diperlukan untuk diminum ternak. Sebelumnya, pastikan bahwa bahan-bahan tersebut telah tercampur rata. Adapun larutan yang diberikan yaitu 1/6 dari berat total kambing. Pastikan bahwa larutan oralit yang anda takar sesuai.

Cara Mencegah Kambing dari Mencret

Ada beberapa hal yang perlu kambing anda hindari agar tidak terkena mencret. Anda perlu menghindari pakan hijauan yang terlalu muda secara berlebihan. Selain itu, pastikan bahwa kondisi kandang ternak bersih dan anda perlu menyediakan kandang khusus untuk memisahkan kambing yang sehat dengan kambing yang sakit agar tidak tertular.

Demikian informasi mengenai penyebab, tanda-tanda, cara mencegah, dan cara mengobati kambing mencret secara tradisional. Hal ini penting diketahui untuk melancarkan usaha ternak anda. Anda dapat menggunakan produk dari Madani Farm untuk menunjang kegiatan ternak anda. Laman yang bisa anda akses untuk mendapatkan produknya yakni https://www.madani-farm.com/


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel