Montok dan Sehat! Begini Cara Mengobati Kambing Kurus agar Gemuk

Pada umumnya, cara menggemukkan kambing yang kurus bagi kambing jawa, kambing etawa atau kambing jenis lainnya adalah sama saja. Penggemukan kambing merupakan memelihara kambing dengan intensif maupun non intensif dengan ransum yang berkualitas. Berikut apa saja yang perlu anda ketahui mengenai kambing kurus dan cara menggunakannya.

Montok dan Sehat! Begini Cara Mengobati Kambing Kurus agar Gemuk

Tentang Penggemukan Kambing Kurus

baca juga: Wajib Disimak! Ini Cara Mengobati Kambing Kembung Dengan Bahan Alami

Kambing kurus yaitu kambing yang memiliki jaringan otot dan lemak sedikit. Di samping itu, kulitnya seperti menempel pada tulang-tulangnya sehingga kita dapat melihat tulang rangka yang diselimuti kulit. Jika tidak diatasi atau dirawat dengan baik, kambing akan sakit hingga tidak mau makan.

Ciri-ciri Kambing Kurus yang Dapat Dikenali

Anda dapat mengenali kambing kurus dari benjolan yang ada pada tulang belakang bagian atas dan tulang rusuk pada bagian iga. Jika diraba,anda bisa merasakan tulangnya. Kambing kurus biasanya lemah dan lemas sehingga jika ditarik, ia akan tersungkur. Selain itu, bulu badan juga kusam. Hal ini berbeda dengan kambing gemuk yang bulunya lebih halus, rebahan, dan mengkilat.

Cara Menggemukkan Kambing yang Kurus

1. Menghilangkan Parasit

Cara mengobati kambing kurus yang pertama yaitu dengan menghilangkan semua parasite di dalam tubuhnya. Parasite yang sering ditemukan pada kambing kurus yaitu cacing dank utu. Anda bisa mengatasinya dengan obat herbal atau obat kimia yang cocok. Obat herbal kerap menggunakan buah pinang atau daun pepaya. Sedangkan obat kimia hasilnya lebih cepat.

2. Kandang Kambing Bagus dan Layak Dihuni Kambing

Kandang kambing juga perlu diperhatikan karena merupakan tempat tinggal utama ternak selama dipelihara dengan intensif. Selain itu, hampir 100% kegiatan kambing dilakukan di dalam kandangnya. Mulai dari makan, minum, tidur, pipis, hingga pup, semua dilakukan di dalam kandang kecuali untuk mandi dan berjemur.

Kandang kambing yang bagus memiliki beberapa hal yang perlu anda ketahui. Kandang kambing harus terpapar sinar matahari untuk membunuh bakteri yang merugikan. Selain itu, kondisi kandang juga harus bersih dari air kencing dan kotoran. Anda perlu rajin membersihkan kotoran yang terselip dan jangan diamkan hingga menggumpal. Kandang juga tidak boleh terlalu panas.

3. Bibit Jenis Kambing Menentukan

Setiap bibit jenis kambing juga memiliki performa yang berbeda-beda selama penggemukan entah itu kambing kacang, kambing bligon, atau kambing PE. Hal ini bergantung dengan kemampuan kambing dalam merubah pakan untuk memicu pertumbuhannya. Contohnya, kambing kacang yang kemampuannya begitu saja dan lebih baik kambing bligon dan etawa.

4. Memperhatikan Pemeliharaannya

Cara mengobati kambing kurus lainnya yaitu dengan memperhatikan perawatan yang anda lakukan. Perawatan yang wajib dilakukan selama pemeliharaannya mencakup pemberian pakan, pemilihan pakan, mencegah penyakit, mengobati penyakit, hingga kebersihan kandang maupun kambing. Anda juga wajib memperhatikan keamanan pakan. Hindari kandungan sianida pada pangan.

Montok dan Sehat! Begini Cara Mengobati Kambing Kurus agar Gemuk

5. Pakan Penggemukan Berkualitas

Porsi pakan kambing merupakan 70% faktor penentuan usaha penggemukan kambing. Ada tiga macam pakan yang dapat anda gunakan yaitu rumput-rumputan, leguminosa, dan konsentrat. Untuk menggunakan ketiga jenis pakan tersebut, anda bisa memilih dua diantaranya saja, seperti rumput dan legum atau rumput dan konsentrat.

6. Kambing Kebiri Lebih Baik

Sebagian masyarakat percaya bahwa kebiri tidak baik dan ada juga yang tidak. Menurut penelitian, kambing yang dikebiri memiliki performa pertumbuhan lebih pesat daripada kambing yang tidak dikebiri. Bila anda ingin menurunkan libido kambing jantan, anda bisa memilih metode ini.

Cara mengobati kambing kurus agar gemuk dapat dilakukan dengan cara-cara di atas. Anda wajib memperhatikan kandang, perawatan, pakan, menghindari kambing dari berbagai penyakit, hingga memperhatikan jenis kambing. Agar pemeliharaan lebih maksimal, anda bisa menggunakan produk peralatan ternak dari Madani Farm melalui https://www.madani-farm.com/.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel