5 Cara Menghilangkan Kutu Kambing Dengan Langkah Mudah

5 Cara Menghilangkan Kutu Kambing Dengan Langkah Mudah


Kambing sama seperti hewan lainnya yang juga berpotensi terjangkit kutu yang membuatnya tidak nyaman. Bahkan bila kambing terkena kutu ini akan berdampak pada kualitas ternak kambing yang anda miliki. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu kambing yang bisa anda gunakan dengan bahan alami. 

5 Cara Menghilangkan Kutu Kambing Dengan Langkah Mudah

5 Cara Menghilangkan Kutu Pada Kambing

baca juga:Perhatikan Cara Menghancurkan Kotoran Kambing dengan Garam untuk Dijadikan Pupuk

1. Menggunakan Semprotan Lemon 

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengusir kutu dalam tubuh kambing adalah dengan menggunakan semprotan lemon. Cara penggunaannya adalah dengan mengupas lemon kemudian rebus lemon dengan air sekitar 1 liter. Rebus hingga menjadi bubur dan diamkan semalaman. 

Setelah didiamkan semalaman, air lemon tersebut kemudian diasaring dan dimasukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan lemon ini ke tubuh hewan yang mempunyai kutu terutama di daerah lipatan kulit seperti ketiak, belakang telinga, dan daerah sekitar kepala. Namun anda harus berhatai hati menyemprotnya dan jangan sampai melukai mata. 

2. Semprotkan Cuka Apel 

Cara menghilangkan kutu kambing berikutnya yang bisa anda gunakan adalah dengan cuka apel. Cara pembuatan obat anti kutu untuk kambing ini mudah saja yaitu dengan mencampurkan air dengan sari apel atau cuka putih. Kisaran larutan ini dicampurkan dengan skala 10 : 1 yang akan membuat fungsinya lebih maksimal. 

 Setelah larutan obat kutu ini berhasil dibuat kemudian anda bisa menuangkannya kedalam botol semprot dan semprotkan ke kambing terbak anda yang mengalami serangan kutu. Cara ini tergolong aman digunakan bahkan tidak menyebabkan efek samping kepada hewan kambing ternak anda sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. 

3. Membuat Garis Dengan Garam 

Selain menggunakan cara diatas, cara lainnya yang bisa digunakan utnuk mencegah dan mengobati kutu pada kambing adalah dengan menggunakan garam. Bahan yang mudah ditemukan dimana saja ini bisa digunakan untuk oabt kutu yang efektif. Caranya penggunaannya mudah saja yaitu dengan menuangkan garam di sekitar kandang. 

Larva atau telur kutu biasanya akan melompat ke sekitar hewan dan melakukan perkembang biakan. Sehingga dengan adanya taburan garam disekitar kandang bisa mematikan telur dan larva yang sudah meloncat keluar tubuh kambing untuk berkembang biak. Hal ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu kambing lebih efektif.

5 Cara Menghilangkan Kutu Kambing Dengan Langkah Mudah

4. Serpihan Kayu cedar

Cara mudah lainnya yang bisa anda gunakan untuk mencegah kutu pada kambing adalah dengan menggunakan serpihan kayu cedar. Serpihan kayu atau serbuk gergaji ini bisa nada tambahkan ke dalam isian bantal atau tempat tidur kambing yang ada di dalam kandang. Hal ini terbukti efektif untuk mencegah kutu menyebar pada kambing. 

Bila tidak dimasukkan ke dalam isian bantal atau tempat tidur kambing, anda juga bisa mengagntungnya di beberapa sisi kandang. Bau dari serbuk kayu cedar ini akan membantu mengusir kutu lebih efektif di dalam tubuh kambing. Bahkan kayu cedar ini akan berfungsi untuk mengusir bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

5. Aroma pinus yang Dimasukkan Didalam Kandang 

Cara menghilangkan kutu kambing berikutnya yang bisa dilakukan secara efektif adalah dengan menggunakan aroma pinus. Aroma pinus yang bisa diambil dari tumpukan daun pinus ini bisa dimasukkan kedalam kandang kambing. Kamu bisa menyelipkan di dalam tumpukan tempat tidur kambing yang ada di dalam kandang. 

Itu dia beberapa Langkah yang bisa anda gunakan untuk mencegah dan membasmi kutu yang ada di kambing ternak. Cara diatas akan menggunakan bahan alami yang aman digunakan dan tidak berbahaya untuk kambing. Ingin kambing dengan kualitas terbaik dan penawaran yang menarik, yuk cek disini www.madani-farm.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel