Wajib Disimak! Ini Cara Mengobati Kambing Kembung Dengan Bahan Alami

Kembung pada kambing merupakan hal yang biasa. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Meski kambing terlihat hanya mengalami kembung, jangan salah karena kembung yang tinggi dapat meningkatkan tingkat kematian pada ternak. Agar kambing dapat kembali sehat seperti biasanya, simak cara mengobati kambing kembung menggunakan bahan alami berikut ini.

Wajib Disimak! Ini Cara Mengobati Kambing Kembung Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Kembung Pada Kambing

1. Tempatkan Kambing Pada Kandang Hangat

Salah satu penyebab ternak kambing mengalami kembung adalah kontruksi kandang yang kurang memadai. Ketika cuaca berangin, mendung, atau hujan kambing akan kedinginan jika kontruksi kandang tidak memadai. Jika kambing diumbar di luar, sebaiknya segera masukkan kambing ke dalam kandang agar tidak masuk angin.

Kontruksi kandang sebaiknya berdinding rapat. Pastikan juga atap tidak bocor agar kambing tidak terkena tetesan air saat cuaca hujan. Usahakan kandang dalam kondisi kering dan tidak lembab. Hal ini dapat mencegah ternak kambing Anda mengalami kembung. Jika kambing telah terlihat kembung maka usahakan kambing agar tetap pada posisi berdiri atau letakkan kaki depan kambing pada posisi lebih tinggi.

2. Pengobatan Melalui Rectal

Cara mengobati kambing kembung adalah dengan memasukkan daun pepaya yang telah diolesi minyak terlebih dahulu ke dalam anus kambing. Kembung pada kambing ini seringnya disebabkan oleh penimbunan gas yang ada di dalam perut akibat proses fermentasi yang berjalan dengan cepat. Tingginya gas yang ada di perut ini bisa menekan organ dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kesakitan.

Ketika kambing mengalami kembung, maka mereka akan sering buang air besar dan kencing. Kembung pada ternak ini juga menyebabkan frekuensi pernapasan menjadi tinggi, jadi jika kambing Anda terlihat bernapas melalui mulut sebaiknya segera periksa. Meski hanya terlihat sepele, penyakit satu ini harus segera diobati agar tidak sampai pada kematian ternak.

3. Ramuan Alami

Alternatif lain yang dapat digunakan sebagai cara mengobati kambing kembung adalah dengan membuat ramuan gula merah yang dicampur dengan asam jawa dan kunyit. Caranya cukup mudah, pertama haluskan terlebih dahulu gula merah, tambahkan kunyit kemudian lanjut haluskan sampai lembut.

Setelah gula merah dan kunyit telah dihaluskan, masukkan ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan asam jawa. Untuk pemberian ramuan ini, gunakan alat bantu seperti botol, alat suntik tanpa jarum atau bambu kecil agar mempermudah pemberian obat melalui mulut kambing. Agar obat mudah masuk ke dalam mulut kambing, Anda bisa memberikan melalui bagian samping mulut kambing.

Wajib Disimak! Ini Cara Mengobati Kambing Kembung Dengan Bahan Alami

4. Bawa Ke Tempat Luas

Hal ini dapat dilakukan jika kembung pada kambing masih tidak terlihat parah. Cara mengobati kambing kembung adalah dengan membawa kambing ke halaman yang luas untuk berjalan atau melakukan gerakan ringan. Biarkan kambing dalam keadaan mulut terbuka agar lebih mudah bernapas dan mengeluarkan gas dari dalam perut. Untuk sementara hindari pemberian daun kacang-kacangan terlebih dahulu.

5. Berikan Obat Kembung Untuk Ternak

Jika kambing masih belum sembuh, segera berikan obat kembung khusus ternak. Tentunya sebelum memilih obat yang tepat, perhatikan terlebih dahulu komposisi obat di dalamnya. Pastikan kandungan obat aman dan terjamin. Setelah diberikan obat, tunggu hingga kambing bereaksi. Jika kambing telah mengeluarkan gas dari anus maka kembung telah hilang.

Agar kambing tidak mengalami kembung, hindari untuk menggembalakan ternak kambing terlalu pagi. Hal ini karena rumput masih basah serta udara juga masih dingin sehingga menyebabkan kambing mengalami kembung. Simak tips serta cara merawat kambing agar menghasilkan ternak yang sehat di www.madani-farm.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel