5 Penyakit Kambing dan Cara Mengobati Kambing Batuk Pilek Dengan Bahan Alami

Kambing ternak anda terserang penyakit, jangan panik dulu. Anda bisa mengenali beberapa penyebabnya dahulu dan kemudian mengetahui cara pengobatannya yang efektif dilakukan. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kambing dan cara mengobati kambing batuk pilek yang penting untuk anda ketahui. 

5 Penyakit Kambing dan Cara Mengobati Kambing Batuk Pilek Dengan Bahan Alami

5 Jenis Penyakit Kambing dan Cara Mengobatinya

baca juga: 5 Cara Menghilangkan Kutu Kambing Dengan Langkah Mudah

1. Penyakit mata

Kambing sebagai hewan ternak perlu lebih diperhatikan kesehatannya karena akan berpengaruh pada kualitas hewan ternak anda. Salah satu cara memperhatikannya adalah dengan menghindarkan kambing dari berbagai penyakit yang mungkin terjangkit seperti penyakit mata. Penyakit ini akan membuat kambing akan tambah semakin rewel. 

Penyakit mata ini akan menyerang kambing terlebih saat cuaca tidak baik yang akan membuat turun daya tahan tubuh kambing. Cara mengobati penyakit ini adalah dengan menggunakan daun sirih, garam, dan diberi air panas. Ramuan ini kemudian dikompreskan ke bagian mata kambing yang sakit. 

2. Penyakit batuk

Salah satu penyakit yang bisa diderita kambing adalah batuk dan pilek. Kambing pun bisa terjangkit penyakit ini dan tidak bisa disepelekan. Anda harus memperhatikan bila kambing sudah mulai sakit dan menemukan cara mengobatinya. Cara mengobati kambing batuk pilek pada kambing caranya mudah saja. 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan beras kencur. Jamu yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa ini ternyata tidak hanya baik dikonsumsi manusia namun juga baik untuk kambing. Beras kencur ini bisa anda seduh dengan air panas dan berikan minuman tersebut kepada kambing sesudah suhunya dingin. 

3. Penyakit cacingan

Penyakit pada kambing berikutnya yang sering menjangkit kambing adalah cacingan. Penyakit ini adalah yang paling sering terjangkit pada kambing. Hal ini bisa terjadi karena pemberikan pakan yang sudah mengandung benih cacing di dalamnya. Sehingga anda perlu memperhatikan kebersihan pakan yang akan diebrikan kepada kambing. 

Cara untuk mengatasi kambing yang cacingan adalah dengan memberikan obat cacing secara rutin setiap tiga bulan sekali. Bahkan obat cacing sudah bisa diberikan sejak cempe atau anak kambing. Cara mengobati cacingan pada kambing ini penting diketahui selain cara mengobati kambing batuk pilek. 

4. Penyakit gatal

Satu lagi penyakit pada kambing yang terlihat sepele namun tidak bisa dibiarkan adalah gatal gatal. Sama seperti pada manusia, penyakit gatal ini juga bisa menjangkiti kambing dan akan membuatnya tidak nyaman. Gatal gatal ini akan bisa menyerang bagian tertentu pada kambing yaitu seperti kulit di kaki, kepala, dan bagian tubuh kambing lainnya. 

Salah satu alasan mengapa penyakit gatal ini tidak bisa dibiarkan adalah karena penyakit ini bisa menular. Bahkan untuk menanggulanginya, anda juga perlu memisahkan kambing yang gatal ini dengan lainnya. Kemudian anda bisa mencampurkan oli bekas, minyak goreng dan garam dan oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit kambing yang gatal gatal. 

5 Penyakit Kambing dan Cara Mengobati Kambing Batuk Pilek Dengan Bahan Alami

5. Penyakit diare

Selain cara mengobati kambing batuk pilek, anda juga perlu untuk mengetahui tentang bagaimana bila kambing diare. Diare bisa disebabkan oleh pakan yang diberikan kurang cocok. Sehingga cara mengatasinya adalah dengan memberikan mahkota dewa dicampur dengan garam dan larutkan dengan air panas. 

Itu dia sekilas tentang beberapa penyakit kambing yang sering terjadi dan bagaimana cara mengobatinya. Kambing yang sakit harus segera diobati untuk menjaga kualitas kambing ternak yang anda punyai. Ingin kambing dengan kualitas terbaik dan penawaran yang menarik, yuk cek disini www.madani-farm.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel