Tidak Perlu Panik! Berikut Cara Mengatasi Air Susu Kambing yang Tidak Keluar

Ternak kambing memang sangat menguntungkan. Namun, ada beberapa hal yang menjadi hambatan sehingga ternak tidak bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya yaitu pada segi produktivitas susu yang rendah. Hal ini tidak hanya terjadi pada kambing etawa tetapi juga pada jenis kambing lainnya yang dapat menghambat penyusuan cempe. Berikut tips yang bisa anda lakukan.

Tidak Perlu Panik! Berikut Cara Mengatasi Air Susu Kambing yang Tidak Keluar

Lakukan Hal-hal ini untuk Mengatasi Air Susu Kambing yang Tidak Keluar

baca juga: Rahasia Panen Lancar! Simak Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kotoran Kambing

1 Mengompres Susu Kambing

Bagi anda yang mengeluhkan permasalahan susu kambing tidak keluar padahal susunya padat, anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Anda dapat mengompresnya pada pagi hari serta sore hari sebelum memerahnya. Hal ini bisa membantu susu kambing agar dapat keluar dengan mudah.

2. Memijat Susu Kambing

Cara mengatasi air susu kambing yang tidak keluar selanjutnya yaitu dengan memijatnya pada bagian ambing. Anda juga bisa memijatnya dengan basuhan air hangat seperti di atas. Memijatnya bisa anda lakukan dengan posisi telapak tangan ke atas layaknya memegang mangkuk  Proses pembuatanya dapat dilakukan selama 2 hingga 5 menit dan dapat menghasilkan susu sebanyak 25 persen.

Bila susu kambing masih belum kunjung keluar, anda wajib memijatnya sambil dengan memberi air hangat setiap hari. Hal ini agar membantu ambing susu yang padat dan besar untuk mengeluarkan kuantitas air susu di dalamnya. Oleh sebab itu, ambingnya perlu dipijat dan anda bisa membiarkan anaknya menyusu untuk membantunya keluar.

3 Memperhatikan Pakan yang Diberikan

Dalam upaya mengatasi air susu kambing yang tidak keluar, anda perlu memberikan nya legume atau hijau-hijauan lain dengan kandungan protein yang cukup tinggi sebagai bahan oakannya. Dengan kadar protein tersebut, anda dapat mempengaruhi kadar lemak susu yang dihasilkan kambing. 

Legume yang dapat anda gunakan yaitu daun singkong, daun sengon, gliricidia, kalinadar, daun nangka, mahoni, rumput gajah, dan rumput taiwan. Sebaiknya anda memberi pakan hijauan di pagi hari sebelum makan tambahan dan sore hari hari setelah makan tambahan. Adapun jumlah yang baik untuk diberikan yaitu sekitar 10 persen dari berat pakan hariannya. 

4. Sediakan Air Minum dan Vitamin

Bila kambing ternak anda ambingnya tidak penuh dan kecil, maka anda perlu selalu menyediakan air minum serta vitamin untuk meningkatkan produktivitas air susunya. anda wajib memberikan vitamin B kompleks setiap minggunya. hal ini sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh kambing.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan garam dapur untuk mencegahnya dari kekurangan mineral. Usahakan bahwa anda selalu menyediakan makanan dengan nutrisi yang sesuai kebutuhan kambing setiap hari. Hal ini untuk mencegah kambing dari kekurangan gizi dan nutrisi.

5. Memberi Pakan Tambahan

Akan lebih baik lagi jika anda juga melakukan cara mengatasi air susu kambing yang tidak keluar ini. Sebab, anda tidak bisa hanya bergantung dengan konsentrat dalam meningkatkan produktivitas kambing. Anda wajib menambahkan onggok singkong basah, kedelai pecah rebus, serta bekatul padi. 

Adapun jumlah pakan tambahan yang perlu anda perhatikan yaitu 1 hingga 2 persen dari bobot hariannya. Komposisi pakan tambahan yang baik terdiri dari bekatul padi 25 persen, kedelai rebus 25 persen, serta onggok singkong 50 persen. Sangat bagus bila anda selalu menyediakannya secara rutin agar air susu kambing yang keluar semakin banyak.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi air susu kambing yang tidak keluar. Dengan cara-cara di atas, air susu kambing akan perlahan-lahan keluar dan semakin meningkat produktivitasnya. Madani Farm menyediakan perlengkapan ternak yang memudahkan anda dalam beternak. Anda dapat mengunjungi laman resminya yakni www.madani-farm.com.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel