4 Cara Mengatasi Kambing Cerewet yang Peternak Harus Tahu

4 Cara Mengatasi Kambing Cerewet yang Peternak Harus Tahu 

 

Kambing ternak milik anda tiba tiba berisik atau cerewet? Hal ini mungkin sepele namun jangan dianggap ringan. Bila kambing merasa tidak nyaman atau kemungkinan terluka, maka akan berpengaruh pada keuntungan ternak anda. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kambing cerewet yang bisa anda lakukan dengan mengetahui penyebabnya. 

4 Cara Mengatasi Kambing Cerewet yang Peternak Harus Tahu

4 Cara Agar Kambing Diam Sesuai Dengan Penyebabnya

baca juga: Tidak Perlu Panik! Berikut Cara Mengatasi Air Susu Kambing yang Tidak Keluar

1. Memberi Makan Cukup

Salah satu alasan mengapa kambing ternak milik anda tiba tiba bersuara terus menerus dan berisik adalah bisa jadi karane kurang makanan. Hal ini sama saja dengan manusia yang kurang makan tentu akan gelisah untuk mencari makanan karena merasa lapar. Sehingga hal ini akan sama saja dengan kambing. 

Kambing akan lebih cerewet bila asupan makanan yang diterimanya kurang. Sehingga Cara mengatasi kambing cerewet yang pertama ini adalah dengan memberinya makanan yang cukup. Makanan kambing seperti daun singkong, daun nangka, rumput dan juga makanan lainnya bisa diberikan secara cukup kepada kambing ternak. 

2. Memperhatikan Apakah Kaki Kambing Terjepit

Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan mengapa suara kambing tiba tiba menjadi cerewet. Salah satunya adalah karena kondisi kaki kambing yang tidak nyaman atau bahkan terluka. Kaki kambing juga bisa terjepit sehingga membuat kambing tidak nyaman dan akhirnya menjerit jerit dan bersuara berisik karena merasa sakit seperti halnya manusia. 

Sehingga bila kambing ternak anda suatu saat menjerit atau bersuara keras, maka anda juga bisa mengecek pada bagian kakinya apakah ada yang terluka atau tidak. Anda harus melepaskan kaki kambing yang terjepit dengan hati hati agar tidak berpotensi melukainya. Karena bila kambing terluka akan berpotensi menurunkan kualitas ternak anda. 

3. Memperhatikan Apakah Kambing Sedang Sakit

Alasan lainnya mengapa kambing bisa menjadi cerewet adalah karena kondisi Kesehatan kambing sedang tidak baik. Sama halnya dengan manusia yang sedang sakit, maka akan sering mengeluh sakit sehingga hal ini akan sama saja dengan kambing bila dalam kondisi sakit. Dan Cara mengatasi kambing cerewet ini adalah dengan mengecek keadaannya. 

Kambing yang dalam kondisi sakit memang harus lebih diperhatikan. Hal ini karena tentu saja kambing akan merasa tidak nyaman dan kesakitan. Terlebih bila sakit yang dirasakannya berasal dari luka bagian luar. Sehingga anda perlu melakukan perawatan dan menyembuhkan sakit kambing ternak anda untuk menjaga kualitasnya.

4 Cara Mengatasi Kambing Cerewet yang Peternak Harus Tahu

4. Memperhatikan Apakah Kambing Sedang Diganggu Hewan Lain

Faktor lainnya yang bisa membuat kambing merasa tidak nyaman adalah bila merasa terancam. Terlebih bila kambing bertemu hewan lainnya yang berbahaya baginya. MUngkin dalam kendang ternak yang aman tidak mungkin ada hewan besar seperti singa atau macam yang menyerang, namun hewan kecil juga tidak kalah berbahaya untuk kambing ternak.

Beberapa jenis hewan yang mungkin bisa melukai kambing adalah seperti ular, kalajengking dan hewan berbahaya kecil lainnya. Sehingga salah satu Cara mengatasi kambing cerewet lainnya juga bisa dengan mengecek keadaan kendang kambing apakah masih aman dengan gangguan hewan kecil dan membersihkannya dengan rutin dari gangguan hewan kecil. 

Itulah beberapa informasi penting tentang kambing yang berisik dan perlu anda ketahui. Kambing yang berisik secara tiba tiba mungkin saja merupakan tanda bahaya, sehingga harus diperhatikan. Bila anda membutuhkan kambing dengan kondisi yang baik dan dengan penawaran harga yang terbaik, yuk kunjungi www.madani-farm.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel