5 Cara Mengatasi Kambing Kembung Dengan Cara yang Aman

Penyakit kambing yang kembung mungkin terlihat sederhana namun tidak bisa disepelekan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit kembung pada kambing dengan efektif. Berikut adalah 5 cara mengatasi kambing kembung yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan kualitas kambing ternak anda dengan lebih baik. 

5 Cara Mengatasi Kambing Kembung Dengan Cara yang Aman

5 Cara Mengatasi Kambing yang Kembung

baca juga: 4 Cara Mengatasi Kambing Cerewet yang Peternak Harus Tahu

1. Mengetahui Penyebabnya

Sebelum mengetahui bagaimana cara menyembuhkan penyakit kambing yang sedang kembung, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Salah satu penyebab penyakit kmabing satu ini adalah karena serangan penyakit. Selain itu, kondisi kandang juga bisa mempengaruhi Kesehatan kambing ternak milik anda. 

Kondisi kendang yang tidak kondusif bisa memicu Kesehatan kambing yang kurang baik. Selain itu hal lainnya yang perlu diperhatikan karena akan menjadi faktor penyebab kambing menjadi kembung adalah pakannya. Pakan yang kurang sehat akan juga bisa memicu kondisi kambing yang tidak baik seperti menjadi kembung hingga penyakit lainnya. 

2. Memberikan Obat Anti Kembung

Cara mengatasi kambing kembung berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan pertolongan pertama berupa obat. Obat kembung yang di khususkan untuk hewan ternak bisa anda dapatkan dengan mudah. Namun anda juga perlu memastikan bahwa kandungan obat tersebut harus ada dimethicone.

Kandungan tersebut akan membantu penyembuhkan penyakit kambing kembung lebih cepat dan efektif. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan saja sekitar 100 ml obat dengan 500 ml air. Kemudian campuran obat tersebut akan diberikan kepada kambing, namun anda juga akan disarankan untuk segera mengunjungi dokter hewan. 

3. Mengurangi Aktivitas Kambing

Cara mengatasi kambing yang kembung selanjutnya adalah dengan mengurangi aktifitas kambing tidak seperti sehari harinya. Untuk mengatasi kambing yang kembung juga bisa dengan cara mengoperasi kambing tersebut agar gas cepat keluar. Sehingga kambing akan menjalani proses bedah dangan sayatan disekitar perutnya. 

Cara pembedahan ini memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan akan dilakukan oelh ahlinya. Proses pembedahan pertama akan dilakukan dengan membuat sayatan kecil di bagian sekitar otot perut. Setelah itu cara mengatasi kambing kembung, maka akan bisa di dorong untuk mengeluarkan gas yang ada di dalamnya. 

5 Cara Mengatasi Kambing Kembung Dengan Cara yang Aman

4. Memilih Pakan yang Tepat

Cara selanjutnya untuk membuat kambing yang kembung Kembali sembuh adalah dengan memperhatikan pakan yang diberikan. Pakan kambing yang banyak mengandung tingkat fermentasi berlebihan akan berpotensi untuk membuat perut kambing menjadi kembung. Sehingga akan disarankan untuk memberi pakan yang banyak mengandung serat. 

Beberapa bahan makanan yang bisa anda berikan untuk pakan kambing yang bernutrisi adalah seperti ampas tahu, sayuran hijau, biji-bijian, singkong dan bekatul. Namun kombinasi pakan tersebut akan baik dijadikan sebagai pakan tambahan saja karena pakan utamanya tetap rumput hijau.

5. Cara Mencegah Kambing Kembung

Selain cara diatas, cara mengatasi kambing kembung lainnya juga bisa dengan memeriksa kesehatan kambing ternak secara berkala, memperbaiki nutrisi pakan, hingga dibantu dengan menambahkan suplemen. Cara ini bisa dilakukan secara rutin untuk membuat kambing ternak anda selalu dalam kondisi yang prima. 

Itu dia sekilas informasi penting tentang bagaimana mengatasi kambing yang kembung. Walaupun hal ini terlihat sepele namun tidak bisa dibiarkan saja dan harus segera ditangani. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas ternak anda. Ingin mendapatkan kambing berkualitas dengan penawaran harga terbaik, yuk kunjungi www.madani-farm.com.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel