5 Cara Menghancurkan Kotoran Kambing dan Kegunaannya

Pupuk kandang adalah pupuk yang terbuat dari kotoran hewan seperti kambing. Pupuk kandang ini punya banyak manfaat yang akan berguna untuk tumbuhan disekitarnya. Kalau anda peternak kambing dan ingin membuat pupuk kandang ini, maka Berikut adalah urutan cara menghancurkan kotoran kambing yang bisa kamu ketahui. 

5 Cara Menghancurkan Kotoran Kambing dan Kegunaannya

5 Langkah Membuat Pupuk Organik dari Kotoran Kambing

1. Alat dan Bahan yang Digunakan

Jenis pupuk organik banyak dipilih petani perkebunan untuk membantu memberikan nutrisi untuk tanamannya. Penggunaan pupuk organik ini punya banyak manfaat yang berguna tidak hanya untuk tumbuhan namun juga untuk lingkungan disekitarnya.  Karena komposisi pupuk ini menggunakan bahan yang aman untuk lingkungan. 

Untuk membuat pupuk organik dengan menggunakan kotoran kambing maka akan diperlukan beberapa bahan. Beberapa bahan yang digunakan antara lain seperti ember, cangkul, terpal, kotoran kambing, sekam bekas gergajian, kapur pertanian atau dolomit dan campuran EM4 yang kemudian bahan tersebut akan dicampurkan. 

2. Proses Menghancurkan Kotoran Kambing

Setelh menyiapkan bahan bahan yang akan digunakan untuk membuat pupuk organik, kemudian anda harus tahu cara menghancurkan kotoran kambing dengan Langkah yang benar. Anda bisa mulai menghancurkan kotoran kambing dengan menggunakan mesin atau anda bisa mencampurkan manual dengan pupuk urea. 

Anda bisa menyiapkan lahan yang kering untuk tempat pengolahan pupuk. Lapisan bahan pembuatan pupuk ini dibuat dengan campuran kotoran kambing, kapur pertanian, sekam, hingga ketebalannya mencapai 20 hingga 30 cm. Setelah menunggu beberapa waktu, pupuk kandang dari kotoran kambing akan siap digunakan. 

3. Mencampurkan Kotoran Kambing Dengan Bakteri EM4

Tahap berikutnya membuat proses pupuk kandang dari kotoran kambing adalah mencampurkan kotoran dengan bakteri EM4. Langkah untuk menyiapkannya adalah dengan menyiapkan ember yang sudah terisi dengan bakteri EM4 yang sesuai dengan dosis pemakaiannya kemudian memberi air secukupnya. 

Tips yang bisa digunakan adalah bila segenggam kotoran tersebut sudah tidak ada air yang menetes maka artinya komposisi air yang digunakan sudah pas. Cara menghancurkan kotoran kambing berikutnya adalah dengan menutup timbunan pupuk dengan terpal dan diamkan selama kurang lebih 1 minggu.

5 Cara Menghancurkan Kotoran Kambing dan Kegunaannya

4. Tunggu Sampai mengeluarkan Hawa Panas

Proses pembuatan pupuk kotoran kambing selanjutnya adalah dengan menunggu hawa panas yang keluar dari timbunan yang dihasilkan sebelumnya. Bila hawa panas sudah mulai muncul, maka hal ini bisa jadi pertanda bahwa proses pengomposan sudah berhasil dilakukan dan pupuk akan bisa digunakan. 

Namun, sebelum digunakan biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 minggu terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amoniak. Selama 3 minggu ini maka bau amoniak yang ada di pupuk ini tersapu angin hingga baunya hilang. Setelah itu, pupuk kandang buatan anda akan bisa digunakan dengan hasil yang maksimal.

5. Manfaat Menggunakan Pupuk Kandang Kotoran Kambing

Setelah mengetahui cara menghancurkan kotoran kambing, maka anda juga harus mengetahui apa saja manfaat dari kotoran kambing ini. Pupuk ini akan menjaga kesuburan tanah lebih lama karena bahan organic alaminya mudah diurai. Bahan yang digunakan juga ramah ligkungan dan berguna juga untuk mengurangi limbah peternakan. 

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui tentang proses menghancurkan kotoran kambing dan digunakan untuk pupuk kendang. Proses menghancurkan kotoran kambing ini cukup mudah namun punya manfaat yang banyak. Anda ingin mendapatkan kambing berkualitas dan penawaran harga yang terbaik, yuk kunjungi www.madani-farm.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel