Yuk Simak Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Jawa dengan Mudah

Kambing yang sehat dan gemuk merupakan salah satu hal yang sangat diidamkan oleh peternak. Sebab, kambing yang gemuk serta sehat memiliki harga yang tinggi di pasaran. Masih banyak peternak kambing yang memberi makan kambing dengan asal-asalan. Ahasil, pertumbuhan kambing menjadi kurang. Untuk memenuhi kebutuhan pakan, ada pakan ternak fermentasi yang bisa menjadi solusinya.

Yuk Simak Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Jawa dengan Mudah
Kenali Pakan Fermentasi

baca juga: Simak Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap dan Mudah

Pakan fermentasi merupakan proses amoniasi terhadap pakan ternak agar kandungan nutrisi pada pakan ternak hijauan atau pakan serat dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama. Tujuan dari penggunaan pakan ini yaitu agar dapat menyimpan pakan ternak dalam jangka panjang tanpa mengurangi kandungan nutrisinya. Ha ini sangatlah membantu peternak dalam memberi pakan di saat musim kemarau.

Kelebihan dari Pakan Fermentasi

Bila dibandingkan dengan pakan alami, pakan fermentasi memiliki beberapa kelebihan bagi kambing. Jenis pakan ini membantu kambing dalam memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu, pakan ini juga mampu meningkatkan produksi susu bagi kambing, bobot kambing juga dapat bertambah dengan alami dan semakin sehat.

Cara Membuat Pakan Fermentasi bagi Ternak Kambing Jawa

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai melakukan cara membuat pakan fermentasi untuk kambing jawa, ada beberapa alat dan bahan yang wajib disiapkan terlebih dahulu. Anda wajib menyiapkan pisau atau cacah, terpal atau plastik besar, gedebog, tetesan air, suplemen probiotik, dedak atau bekatul, dan air secukupnya.

2. Siapkan Tempat Fermentasi

Setelah memastikan semua alat dan bahannya tersedia, anda dapat mulai membuat pakan fermentasinya dengan mempersiapkan tempatnya terebih dahulu dengan menggunkana terpal atau plastic besar. Hal ini agar mempermudah proses pemerataan dan pengadukan ramuan fermentasi yang dilakukan dengan campuran bahan lainnya.

3. Mencacah Gedebog Pisang

Selanjutnya, anda bisa mencacah gedebog pisang atau jerami dengan golok atau pisau. Tahap ini berfungsi untuk mempermudah proses fermentasi serta memberi ramuan fermentasi terhadap bahannya agar lebih merata. Tahap ini bisa dilakukan sebelum membuat ramuan bumbu fermentasi.

4. Campurkan Bahan Alami Lainnya

Setelah jerami atau gedebog pisang dicacah anda dapat mencampurkan bahan alami lainnya seperti ampas tahu atau bekatul. Lalu, taburkan garam dengan rata. Tahap ini juga dinamakan sebagai tahap penggaraman. anda bisa mencampurkan garam dengan rata setelah mencampurkan bahan alami.

5. Penyiraman dengan Bumbu Fermentasi

Cara membuat pakan fermentasi untuk kambing jawa selanjutnya setelah penggaraman bahan fermentasi alami yaitu penyiraman dengan ramuan bumbu fermentasi. Pastikan bahwa ramuan tersebut telah dilarutkan selama 15 menit lalu aduk hingga merata. Setelah selesai mengaduk, bahan fermentasi telah siap dipakai dan anda bisa memasukkannya ke dalam tong dan tutup dengan rapat.

6. Tahap Fermentasi

Proses fermentasi membutuhkan beberapa waktu. Anda dapat menunggunya 1 hingga 3 jam bagi bahan utama fermentasi gedebog. Sedangkan bagi bahan utama jerami, anda dapat menunggunya selama satu hari atau 24 jam. Khusus bagi jerami membutuhkan waktu yang lebih dari 1 hari bahkan 14 hari. Ahl ini sesuai dengan kebutuhan fermentasi.

Ciri-ciri Pakan Fermentasi Kambing Sudah Jadi

Setelah membuat pakan fermentasi, ada baiknya anda memeriksanya terlebih dahulu sebelum memberi pakan ke kambing. Untuk mengetahui apakah pakan fermentasinya sudah jadi, anda dapat melihatnya dari suhu bahan yang sedikit atau sedikit hangat, perubahan warna dan bahannya yang awalnya kaku menjadi lunak.

Cara membuat pakan fermentasi untuk kambing jawa sangatlah mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan dan alatnya, mencampurkan bahannya, dan tunggu beberapa waktu. Dengan ini, hewan ternak anda memperoleh banyak manfaat. Madani Farm menyediakan berbagai peralatan yang menunjang kegiatan ternak. Anda bisa mengunjungi laman resminya www.madani-farm.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel