Simak Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap dan Mudah

Pelet konsentrat kambing digunakan sebagai pakan penghasil protein oleh para peternak modern. Namun, pakan pelet jarang digunakan bagi peternak tradisional karena harganya yang sangat mahal. Untuk mendapatkan pakan yang berkualitas proteinnya dan harganya yang murah, anda tentu membutuhkan solusinya. Berikut cara membuat pelet konsentrat kambing.

Simak Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap dan Mudah
Kenali Apa itu Konsentrat Pakan Kambing

baca juga: Ternyata Cara Fermentasi Urine Kambing dengan EM4 ini Sangat Mudah

Beberapa orang masih belum mengerti konsentrat pakan kambing. Oleh sebab itu, sebelum membuatnya, anda wajib mengetahuinya terlebih dahulu. Pakan konsentrat kambing merupakan salah satu jenis pakan yang memiliki kandungan nutrisi penting, seperti protein, mineral, vitamin, dan sumber energi lain yang berkonsentrasi tinggi.

Kebutuhan Pakan Konsentrat Kambing

Kebutuhan dari pakan konsentrat kambing per hari yaitu sekitar 200 hingga 300 gram per ekor per harinya. Namun, jumlah tersebut tidak bisa digunakan sepenuhnya pada ternak anda. Sebab, ada beberapa faktor yang wajib disesuaikan seperti kualitas dan ketersediaan pakan dasar, tujuan budidaya, dan kualitas konsentrat yang diberikan.

Cara Membuat Pelet Konsentrat Pakan Kambing

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Bahan konsentrat pakan kambing bisa berasal dari bahan alami di sekitar anda. Bahan pakan yang dapat ditemukan dengan mudah yaitu dedak halus dan bungkil kelapa. Untuk mendapatkan sumber protein nabati, anda dapat menggunakan buki kedelai dan ampas tahu. Sedangkan untuk sumber protein hewani, anda bisa menggunakan tepung ikan.

Sebelum melakukan cara membuat pelet konsentrat pakan kambing, anda wajib mempersiapkan beberapa bahan. Bahan-bahan tersebut yaitu 8 kg dedak halus, 7 kg bungkil kelapa, 2,5 kg bungkil kedelai, 0,5 kg tepung ikan, 5 kg ampas tahu, 250 gram garam ternak (garam kasar), 50 gram mineral komersial, ultra mineral (opsional), dan 250 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.

2. Siapkan Alat yang Digunakan

Selain bahan, ada juga beberapa alat yang akan dibutuhkan nantinya untuk membuat konsentrat pakan kambing. Adapun alat-alatnya yaitu bak besar/ember besar, alat pengaduk, seperti serok/sekrup dan hand sprayer. Pastikan bahwa anda telah mempersiapkan perlengkapan tersebut sebelum membuatnya agar tidak kesulitan.

3. Tuangkan Bahan Pakan

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, selanjutnya anda akan mengolah bahan-bahannya agar dapat menjadi pakan konsentrat yang berkualitas. Anda dapat menuangkan dedak halus, bungkil kedelai, bungkil kelapa, ampas tahu, tepung ikan, gram garam ternak (garam kasar) serta mineral komersial di atas permukaan lantai yang bersih.

4. Semprotkan Suplemen Organik Cair

Setelah tercampur dengan rata, anda dapat melanjutkan cara membuat konsentrat pakan kambing lengkap selanjutnya dengan menyemprotkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan sedikit demi sedikit dengan terus mengaduk. Pastikan bahwa pemerintah telah tercampur dengan bahan pakan yang diaduk.

5 Masukkan ke dalam Wadah

Langkah terakhir bisa anda lakukan dengan memasukkan konsentrat tadi yang telah digunakan ke dalam wadah bak atau ember besar. Sebelumnya, anda wajib memastikan bahwa semua bahannya tercampur. Setelah memastikan semuanya selesai, anda dapat menggunakannya ke esokan harinya.

Cara Pemberian Konsentrat Kambing

Ada juga cara pemberian konsentrat pakan kambing dengan benar. Pertama, anda wajib membersihkan wadah pakannya terlebih dahulu. Lalul, ambillah 1 kg konsentrat pakan tersebut untuk 5 ekor kambing. Perlu anda ketahui bahwa dosisnya yakni 20 gram per ekor per harinya. Anda bisa memberikannya di pagi hari. Setelah pakan konsentrat habis, anda bisa memberikan pakan dasar.

Cara membuat konsentrat pakan kambing lengkap memang cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pakan dasar apa saja yang anda miliki dan alat-alat yang sangat mudah ditemui. Madani Farm menyediakan anda sebuah solusi dalam beternak dengan berbagai perlengkapan ternak. Anda dapat mengunjungi laman resminya www.madani-farm.com untuk mendapatkan info lebih lanjut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel