Ternak Kambing Jawa Tanpa Angon dan Ngarit

 Apakah Ternak Kambing Jawa Tanpa Angon dan Ngarit Benar Bisa Dilakukan ?

Jawabnya : BISA !

Setelah mempelajari siklus hidup kambingdaur hidup kambing, Ada beberapa cara beternak kambing atau ternak domba tanpa angon dan ngarit :

 

Madani Farm Domba Kurban Aqiqah Jogja Bantul

  1. Memanfatkan sisa sayuran yang tidak terjual di pasar

    Beternak domba tanpa ngarit dapat dilakukan dengan mengambil sisa sayuran di pasar yang tidak terjual. Anda dapat bekerja sama dengan pedagang sayuran di pasar.

  2. Memangkas daun di jalanan, bekerja sama dengan instansi terkait

    Cara beternak kambing tanpa ngarit dapat juga dilakukan dengan bekerja sama dengan instansi terkait dalam pemangkasan daun da

  3. Menggunakan metode pakan Hay

    Yaitu pengawetan pakan dengan metode kering, artinya Anda hanya mencari rumput seminggu, atau sebulan sekali, kemudian dijemur kering dan dipacking selanjutnya disimpan dan diberikan kepada ternak. 
    kangkung kering


  4. Menggunakan metode Silase

    Silase adalah pengawetan pakan hijauan ( dedaunan ) dengan metode basah. Contoh kasus, apabila Anda memiliki lahan jagung atau kebun singkong yang luas dan sudah saatnya dipanen, maka Anda berkewajiban memanen tanaman tadi secara serempak, artinya akan mendapatkan banyak pakan hijauan dalam satu ketika. Bagaimana mengolahnya ? ya dengan metode silase, berbagai bahan pakan tadi di chooper kemudian dimasukkan dalam tong penyimpanan atau silo ( kolam penyimpanan pakan ) dan dikondisikan KEDAP UDARA, sehingga berbagai pakan hijauan tadi akan awet dalam kurun waktu lama.

  5. Membeli pakan hijauan.

    Ini adalah cara alternatif paling mudah untuk ternak kambing tanpa ngarit. Cara ini juga sering dilakukan ketika sedang kemarau dan sulit cari pakan.
  6. Memperkerjakan karyawan atau anak kandang.

    Dengan mempunyai anak kandang, maka kegiatan ngarit tidak akan kita lakukan secara langsung. Tapi, ketika anak kandang sedang libur, Anda tetap harus turun tangan sendiri.

  7. Menimbun pakan dalam jumlah yang banyak.

    Kita bisa menimbun pakan dengan jumlah yang mencukupi untuk waktu 1 bulan atau 2 bulan kedepan. Tapi kondisi pakan yang disimpan harus dalam keadaan kering. Karena kalau masih basah, bisa busuk dan berjamur.
    kangkung kering jogja bantul

  8. Memberi Pakan Fodder Jagung.

    Fodder jagung adalah alternatif baru bagi peternak kambing dan domba, metode pakan ini cocok diterapkan bagi peternak yang memiliki lahan hijauan yang minim atau peternak kambing domba di daerah perkotaan, karena fodder jagung ini bisa disusun dalam rak-rak dan tidak memakan banyak tempat. ( foto rak fodder jagung BNF Jogja)
    Fodder jagung sederhananya adalah membenihkan buliran jagung kemudian disemai sampai umur 11-14 hari dan diberikan kepada kambing dan domba sebagai alternatif pakan yang sangat bergizi.
  9. Memberikan pakan dari limbah pertanian.

    Ternak domba tanpa ngarit dapat dilakukan dengan memanfaatkan limbah pertanian  seperti ampas tahu, ampas kedelai, dedak, polard, daun singkong, kulit singkong, limbah sayuran pasar dan masih banyak yang lainnya. Setiap kali panen, sayuran terdapat bagian yang tidak layak untuk dijual. Entah ini bagian daun yang terlalu tua atau robek. Kita bisa mendapatkan limbah sayuran ini di ladang petani langsung (saat panen) atau dari pasar. Kandungan gizi dari limbah sayuran ini masih cukup tinggi. Sehingga bagus untuk dijadikan pakan ternak.Limbah – limbah sayuran ini bisa diberikan untuk semua jenis kambing. Entah itu etawa atau kambing jawa randu. Karena pada dasarnya semua kambing itu sama saja. Yang perlu diperhatikan dalam memberikan pakan dari limbah pasar ini adalah: Kita harus teliti menentukan kondisi sayuran yang masih layak atau tidak.Harus hati – hati seandainya sayuran disemprot dengan obat – obatan kimia. Ini bisa membuat kegagalan yang fatal

 

  1. Membuat pakan fermentasi dari hijauan.

    Ini adalah langkah lanjut dari nomer 3 di atas. Hijauan bisa disimpan dalam kondisi basah. Tapi dalam perlakuan terfermentasi atau silase. Pakan fermentasi juga bisa dibuat dari limbah pertanian dan limbah sayuran. Pakan yang difermentasi bisa disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama. Karena pakan yang masih dalam kondisi terfermentasi tidak akan membusuk.Bakteri yang berperan membusukkan pakan akan ditekan dan dihentikan aktivitasnya oleh bakteri yang ditambahkan saat membuat fermentasi.Bakteri starternya bisa kita dapatkan di toko peternakan. Misalnya EM4, Starbio, dan masih ada yang lainnya.

  2. Membeli ransum komplit.

    Ransum komplit adalah pakan dengan campuran bahan yang bermacam – macam. Ransum komplit ini dibuat dengan kandungan nutrisi yang memadai untuk kebutuhan ternak. Tapi biasanya harganya mahal. Ternak kambing jawa tanpa ngarit bisa dilakukan dengan membeli ransum pakan kompit atau konsentrat.

  3. Membuat ransum komplit sendiri.

    Kita bisa membuat ransum komplit dari langkah nomer 4. Yaitu dengan mengumpulkan limbah pertanian dan limbah sayuran pasar untuk dibuat ransum komplit. Ransum komplit memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan memenuhi kebutuhan standar ternak. Bahan – bahan ransum komplit ini haruslah ada yang sebagai sumber protein, karbohidrat vitamin dan minera.
            Contoh komposisi membuat ransum komplit adalah sebagai berikut.

Klobot jagung 20%
Rumput lapang 10%,
Jagung kuning 6%
Dedak padi 8%
Onggok 5%
Bungkil kedelai 26%
Bungkil kelapa 14%
Bungkil kelapa sawit 4%
Molases 5%
CaCO3 1%
Na2SO4 0,5%
Urea 0,5%.

Misalnya kita ingin membuat ransum komplit sebanyak 100 kg, jumlah bahan masing – masing adalah:

Klobot jagung 20 kg, rumput lapang 10 kg, jagung kuning 6 kg, dedak padi 8 kg, onggok 5 kg, bungkil kedelai 26 kg, bungkil kelapa 14 kg, bungkil kelapa sawit 4 kg, molases 5 kg, CaCO3 1 kg, Na2SO4 0,5 kg dan urea 0,5 kg.


Dedak padi, pollard, tepung roti afkir, bungkil kopra, tetes, onggok, kacang afkir, kulit coklat, vitamin mix, kapur, garam dan urea.

Membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk membuat ransum komplit. Setidaknya kita harus bisa menghitung kandungan nutrisi ransum dan menyesuaikan dengan kebutuhan ternak. Kalau jumlah ternaknya hanya sedikit, kemungkinan biayanya akan lebih tinggi.

Sebenarnya ternak kambing jawa tanpa ngarit bisa dilakukan dengan membeli pakan murah berkualitas tinggi. Pastikan juga pakan yang dibeli  bergizi tinggi, penyimpanannya mudah, dan tahan lama.


Ingin ternak kambing tanpa angon dan ngarit namun tetap memiliki makanan yang bergizi dengan harga terjangkau  ? 

 

Madani Farm Jogja

Penyedia Bibit Anakan Kambing Domba,  Kambing Kurban Dan Bibit Rumput Pakchong wilayah Bantul Jogja

 

 


Hubungi kami melalui whatsapp dengan klik tombol di samping kanan. 



 


 

 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel