Azolla Alternatif Pakan Ternak Murah

Azolla Sebagai Alternatif Pakan Ternak Murah - Tanaman Azolla dapat digunakan sebagai pakan kambing dan domba alternatif. Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan paku yang tumbuh berenang di permukaan genangan air. Azolla memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan tanaman hijau lainnya. Teksturnya yang mudah dicerna juga memudahkan kambing dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam Azolla. Selain kambing, azolla juga bisa digunakan sebagai pakan ikan dan pakan lapis untuk ayam.

 








Bagi peternak kambing yang ingin menghemat biaya pakan dan memaksimalkan produktivitas ternak untuk memaksimalkan keuntungan hasil, silakan coba pakan dari rumput Azolla. Selain mudah dan cepat tumbuh dibandingkan rumput biasa, Anda dapat menghemat waktu dengan biasanya mencari hijauan rumput yang tidak dipelihara di rumah atau pada ternak. Anda dapat mengambil pakan Azolla langsung dari area tumbuh / kolam Azolla di dekat kandang kambing Anda.



Anda bisa memanen azolla ini sepanjang tahun, jadi itu selalu menjadi solusi tepat untuk ketersediaan pakan kambing Anda. Cara membuat pakan alternatif kambing, anda bisa mengambil azolla segar kemudian mencampurkannya dengan dedak. Tapi bisa juga difermentasi dengan Azolla.

 

 Cara pembuatan pakan alternatif kambing dengan fermentasi juga bermanfaat karena sejumlah peternak di Solo, Jawa Tengah, telah menunjukkan bahwa kambingnya cepat gemuk. Azolla segar dapat digunakan sebagai pakan, bahkan proteinnya sudah mencapai 24% dan lebih optimal serta lebih tahan lama bila diolah melalui fermentasi.

 

Cara pembuatan pakan alternatif kambing berbahan azola dengan metode fermentasi:

  1. Azolla segar direndam dalam bak berisi air lalu dicuci untuk menghilangkan lumpur. Setelah dibersihkan, keringkan dengan ventilasi.
  2. Azolla disemprot secara merata dengan bakteri pembusuk atau pengurai probiotik, yang dapat Anda beli di toko pertanian dan peternakan. Pastikan semua azolla disemprotkan secara merata.
  3. Azolla disimpan dalam wadah tertutup, bisa juga menggunakan plastik berukuran besar. Kemudian biarkan Azolla ditutup selama kurang lebih 7 hari. 
  4. Langkah terakhir adalah menggunakan azolla yang telah difermentasi dan mencampurkannya dengan pakan kambing seperti dedak, jerami, atau daun hijau lainnya. 

 Azolla seharusnya memberikan nutrisi protein pada pakan kambing yang tidak dimiliki tanaman hijau lainnya. Dengan metode fermentasi, pakan alternatif Azolla dapat disimpan dalam waktu yang lama.

 


Selain pakan unggas Azolla, kita bisa memanfaatkannya untuk pakan ruminansia atau pakan seperti kambing. Pakan custom biasanya dicampur dengan pakan lain seperti dedak, ampas singkong, dll. Kambing lebih suka makan azolla dengan dedak atau ampas singkong tanpa dicampur.Kambing juga kurang tertarik dengan azolla segar atau basah. Sebaiknya kambing diberikan pada azolla dalam kondisi air rendah sebagai campuran dedak / dedak dll.

 

Manfaat pakan Azolla pada kambing sangat jelas karena tinggi serat dan protein yang sangat mempengaruhi perkembangan kambing. Azolla sangat membantu dalam proses penggemukan karena kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumput biasa. Dengan teksturnya yang lembut, Azolla lebih mudah dicerna sehingga saat dikonsumsi lebih mudah diserap dan menyerap kandungan protein dan nutrisi Azolla.

 

Bagi peternak kambing yang ingin menghemat biaya pakan dan memaksimalkan produktivitas ternak untuk memaksimalkan keuntungan hasil, silakan coba pakan Azolla. Tidak hanya mudah dan cepat tumbuh dibandingkan dengan rumput biasa, tetapi juga dapat menghemat waktu Anda untuk mencari pakan rumput yang jauh dari rumah atau ternak. Anda dapat mengambil pakan Azolla langsung dari area tumbuh / kolam Azolla di dekat kandang kambing Anda.

 

Keunggulan pakan azolla pada kambing sudah jelas terlihat, karena kandungan serat dan protein yang tinggi berpengaruh kuat terhadap perkembangan kambing. Azolla sangat membantu dalam proses penggemukan karena kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumput biasa. Dengan teksturnya yang lembut, Azolla lebih mudah dicerna sehingga saat dikonsumsi lebih mudah diserap dan menyerap kandungan protein dan nutrisi Azolla.



Madani Farm, Peternakan Domba terintegrasi dan Pertanian Bibit Rumput Pakchong di Bantul, Yogyakarta menyediakan   kambing qurban dengan harga kompetitif


Lokasi Kami ada di :

Padukuhan Duku, Genengan Jambidan, RT 01, RW No.10, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta


Madani Farm

Penyedia Bibit Anakan Kambing Domba Qurban Dan Bibit Rumput Pakchong


 


 

 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel