Waspada! Ketahui Macam Macam Penyakit pada Kambing dan Cara Mengobatinya

Setiap peternak wajib waspada terhadap penyakit kambing yang rawan terjadi khususnya pada saat musim hujan. Jika hewan ternak anda menunjukkan gejala-gejala penyakit seperti mulut berbusa, tidak mau makan, kaku, lemas, dan lainnya bisa jadi ternak anda sedang sakit. Berikut macam-macam penyakit pada kambing dan cara mengobatinya.

Waspada! Ketahui Macam Macam Penyakit pada Kambing dan Cara Mengobatinya

4 Macam Penyakit pada Kambing dan Cara Mengobatinya

baca juga: Ingin Ternak Kambing ? Berikut Ini Kenali 4 Jenis-Jenis Kambing Budidaya

1. Cacingan

Penyakit cacingan kerap terbawa dari pakan kambing yang memiliki telur cacing atau larva. Parasit inilah yang menggerogoti ternak dari dalam untuk menyerap nutrisinya. Adapun tanda-tanda kambing cacingan yaitu bulu kusam atau jigrak, tubuh kurus, lemah, dan pertumbuhan lambat. Bila ternak kambing anda memiliki gejala-gejala tersebut, anda wajib mengobatinya.

Cara mengobati kambing cacingan yaitu dengan memberikan cetarin concurat wormex powder, dan phenol plus. Pemberian obat tersebut wajib dilakukan dengan teratur setiap 3 bulan sekali. Anda juga wajib memberikan obat tradisional yang terbuat dari 2 sendok makan gula jawa, 2 buah pinang tua, 5 lembar daun tembakau serta 1 sendok makan serbuk getah pepaya muda.

2. Diare

Penyakit diare juga sering dialami oleh ternak karena bakteri, kondisi pakan serta lingkungan yang buruk, dan perubahan cuaca. Tanda-tandanya yaitu lesu, lemah, pucat, dan kotoran cair berwarna hijau. Anda bisa memberikan wormectin untuk mengobatinya. Anda juga bisa memberinya obat tradisional campuran dari garam dapur, daun jambu biji, 1 gelas air kelapa, dan berikan 1/3 gelas selama 3 hari berturut-turut.

3. Scabies

Penyakit scabies juga kerap diderita oleh ternak kambing dan disebabkan oleh ektoparasit atau tungau. Kambing yang terkena scabies memiliki gejala bercak–bercak merah seperti bisul pada kulit, kulit menebal, mengeras dan bersisik, gatal, menggosok–gosokan badannya, bulunya rontok, kurus, kurang darah, nafsu makan turun, dan produksi susu berkurang.

Anda dapat mengobati kambing scabies dengan mengkarantina kambing, membersihkan tubuh dengan cairan antiseptic (alcohol 70% atau rivanol), mencukur bagian luka, lalu menyuntik kambing dengan ivomec, wormectin, atau olesi. Anda juga dapat mengoleskannya dengan obat tradisional campuran dari belerang dan oli bekas. Oles bagian luka kambing selama 2-3 hari sekali.

4. Orf atau Sariawan

Macam macam penyakit pada kambing dan cara mengobatinya selanjutnya yaitu orf. Permasalahan ini sering dihadapi oleh peternak karena virus Parapoxvirus dan dapat menular ke manusia. Gejala-gejalanya yakni bintik merah disekitar mulut, luka melepuh berwarna hitam, benjolan menyebar ke sela-sela kuku, tidak selera makan, dan kurus.

Anda wajib mengobati kambing yang terkena orf dengan mengarantinanya dan memberikan Preparat Iodium. Berikan juga suntikan antibiotik. Obat alternatifnya yaitu dengan menggunakan biji pinang, kunyit, dan kapur sirih yang dihaluskan lalu dioleskan ke luka sariawan atau orf kambing.

5. Kuku Busuk

Penyakit kuku busuk dapat dialami kambing jika kaki kambing terlalu sering direndam di alas yang basah dan lembab. Kaki busuk kambing dapat dikenali dari celah kuku yang membengkak hingga mengeluarkan cairan keruh kulit kuku mengelupas, benjolan, jalan pincang, dan lumpuh. Jika hal ini dibiarkan, maka akan terjadi infeksi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengobati kaki kambing yang busuk. Cara mengobati kuku busuk pada kambing yaitu dengan memindahkan kambing ke kandang yang bersih dan kering, memotong serta membersihkan kakinya, mencuci luka dengan alkohol, lalu mengoleskan luka dengan antiseptik serta antibiotik.

Nah, itulah beberapa macam macam penyakit pada kambing dan cara mengobatinya yang perlu peternak ketahui. Sebab, bila gejala-gejala dibiarkan, penyakit yang dialami kambing dapat berakibat fatal dan usaha ternak terhambat. Agar usaha ternak semakin lancar, anda dapat menggunakan produk alat ternak dari Madani Farm dengan mengakses https://www.madani-farm.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel