Cara Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

 

Lebih Efektif Dan Praktis, Berikut Cara Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit


Beternak kambing memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Selain perawatannya yang mudah, pemberian makan kambing ini terbilang sangat terjangkau. Pasalnya, peternak hanya perlu mencari pakan hijauan yaitu rumput atau dedaunan dengan ngarit. Namun, ada beberapa orang yang melakukan cara ternak kambing Jawa tanpa ngarit tersebut. Simak di sini!

 


 

Sekilas Mengenai Pakan Hijauan Ternak Kambing

Kambing berkembang biak dengan baik jika diberi pakan dengan rumput maupun dedaunan. Pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk hewan ternak kambing. Umumnya, peternak akan mencari pakan tersebut dengan cara ngarit (mencari pakan hijau untuk ternak) yang dilakukan di ladang sendiri maupun lahan bebas.

Jenis pakan yang diperoleh dari ngarit adalah berupa hijauan yang berasal dari rerumputan atau daun daunan. Biasanya, kambing akan diberi berbagai daun daunan berupa kacang, daun singkong, dan lain sebagainya layak untuk dikonsumsi hewan ternak kambing. Para peternak mengumpulkan makanan ini dengan cara ngarit.

Mungkin sebagian peternak sudah familiar dengan istilah yang satu ini.  Namun, kegiatan ngarit tersebut cukup melelahkan dan merepotkan bagi pemilik kambing. Pasalnya, hampir setiap hari mencari pakan di ladang maupun di tempat yang ditumbuhi rerumputan. Tak jarang, peternak mencari cara ternak kambing Jawa tanpa ngarit.

Cara tersebut memang terbilang lebih efektif dan praktis jika dibandingkan dengan pemberian makan ngarit. Banyak yang mencari alternatif lain agar nutrisi kambing tetap terpenuhi, tetapi juga tidak merepotkan peternak. Oleh sebab itu, cara ternak kambing secara modern diterapkan agar lebih efisien.

 

Cara Ternak Kambing Modern Yang Wajib Anda Tahu

Ada banyak cara untuk memberi pakan ternak kambing tanpa harus angon ngarit. Peternak hanya perlu membeli pakan hijauan sebagai alternatif paling mudah yang bisa dipilih. Tips ini juga sering kali diterapkan ketika menghadapi musim kemarau yang mana pakan susah dicari. Dengan begitu, kebutuhan rerumputan hijau tidak akan berkurang.

Tak berhenti sampai di situ saja, untuk mengantisipasi berbagai macam hal yang buruk terjadi, maka cara ternak kambing Jawa tanpa ngarit bisa menimbunnya dalam jumlah banyak. Anda diperbolehkan menimbun pakan ternak agar mampu menyuplai selama waktu satu hingga dua bulan depan. Perlu diingat, tetapi anda harus menyimpannya dalam keadaan kering agar tidak busuk.

Alternatif lainnya, anda juga dapat memberikan pakan dari limbah pertanian. Selain ramah lingkungan, pemberian pakan ini juga cukup bernutrisi bagi kambing. Anda bisa memanfaatkan limbah pertanian berupa ampas tahu, kulit singkong, dedak, pollard, ampas kedelai, daun singkong, limbah sayuran pasar dan lain sebagainya.

Selain diberikan secara langsung, pakan ternak dari limbah ini juga bisa diberikan dengan cara membuat fermentasi. Anda bisa memberikan tambahan hijauan sebagai bahan baku utamanya agar dapat disimpan dalam kondisi basah. Dengan begitu asupan nutrisi dari kambing bisa terjaga dengan baik dan maksimal.

Cara ternak kambing Jawa tanpa ngarit yang terakhir yaitu dengan membeli ransum komplit. Dengan bahan pakan yang bermacam macam ini, kandungan nutrisinya akan sangat memadai. Selain itu, ransum pakan komplit ini juga dapat dibuat sendiri sesuai kebutuhan dari hewan ternak kambing yang dimiliki.

Sederet tips yang sudah disebutkan sebelumnya bisa anda terapkan jika akan mencoba ternak kambing secara modern. Selain jauh lebih efektif dan praktis, pemberian pakan ternak kambing tanpa angon dan ngarit ini juga memudahkan peternak. Anda tak perlu lagi kerepotan untuk mencari pakan di ladang, sebab sudah tersedia toko yang menjual pakan secara lengkap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel