Cara Buat Kandang Kambing Penggemukan dengan Perhatikan Hal-hal Berikut

Dalam beternak kambing, sangatlah penting untuk memperhatikan apa saja yang bisa mempengaruhi pertumbuhannya. Salah satunya yaitu dengan kondisi kandangnya. Pembuatan kandangnya harus sesuai dengan kambing anda agar dapat berfungsi dengan optimal. Sebelum membuat kandang kambing, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebagai berikut.

Cara Buat Kandang Kambing Penggemukan dengan Perhatikan Hal-hal Berikut


Cara Membuat Kandang Kambing

1. Tentukan Panjang dan Lebar Kandang

Sebelum membuat kandang kambing, anda wajib mengetahui ukuran panjang dan lebar dari kandang. Kandang kambing memiliki ukuran ideal yang berbeda-beda tergantung dengan jenis kambing, umur serta kondisinya. Cara membuat kandang kambing penggemukan yang tepat yaitu berukuran panjang tidak kurang dari 1,5 meter serta lebar tidak kurang dari 1,2 meter.

Dengan ukuran tersebut, kanang yang anda buat mampu menampung 3 hingga 5 ekor kambing yang sedang dalam proses penggemukan. Bila anda beternak kambing dengan jumlah yang lebih banyak, anda bisa memperbesar ukurannya saja. Anda bisa memperkirakan sesuai dengan kapasitas kambing anda.

2. Tentukan Jarak Atap

ada berbagai macam kandang yang membutuhkan atap sebagai tempat tinggal atau berteduh kambing. Ukuran pembuatannya juga wajib diperhatikan. Usahakan anda membuatnya tidak terlalu rendah sehingga dapat mengganggu pekerjaan anda. Selain itu, jangan juga anda membuat atap yang terlalu tinggi karena sangat sulit untuk dibersihkan.

3. Tentukan Jarak Lantai

Ada berbagai jenis kandang yang langsung menggunakan tanah sebagai alasnya. Namun, ada juga kandang yang memiliki lantai sendiri di atas lahan atau tanah. Bila anda hendak menggunakan jenis kandang dengan lantainya sendiri, maka alangkah baiknya membuat lantai lahan kurang lebih 70 cm. ada baiknya anda menentukan jarak antara lahan dan lantai agar tidak ada genangan ketika hujan.

4. Tentukan Lantai Dasar di Bawah Lantai Kandang

Selain lantai kandang di atas, anda juga bisa melanjutkannya untuk membuat lantai dasar kandang dengan berbahan dasar semen atau dicor. Cara ini sangat disarankan untuk menjaga ketahanan pondasi pada kandang. Selain itu, ini juga memudahkan anda untuk membersihkan kotorannya. Lantai dasarnya sebaiknya dibuat miring ke belakang kandang sebagai jalur air.

5. Tentukan Tinggi Tempat Makan

Pada umumnya, penentuan ketinggian tempat ini tergantung dengan jenis kambingnya. Sebab. setiap kambing memiliki tinggi dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini tentunya mempengaruhi penentuan tinggi tempat pakan. Oleh sebab itu, anda dapat meletakkan tempat pakannya sesuai dengan tinggi kambing agar kambing dapat makan dengan nyaman.

6. Membuat Model Kandang Kambing Modern

Cara membuat kandang kambing penggemukan bisa anda lakukan dengan menggunakan model kandang kambing modern berbahan baja ringan dan berbentuk panggung.. dengan ini, anda dapat menunjang penggemukan kambing ternak. Sebab, desain kandang kambing modern dapat mempengaruhi kesehatan, kebersihan dan pengendalian ternak kambing.

Manfaat Pembuatan Kandang Kambing

Dari pembuatan kandang kambing, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan bahan baja ringan sebagai bahannya. Dengan kandang modern berbahan tersebut, anda dapat membuat kandangnya dengan cepat dan mudah. Selain itu, ia juga tahan karat, tidak merambatkan api, dan anti rayap. Jadi, kandang kambing menjadi lebih awet.

Selain itu, ada manfaat-manfaat lain yang tidak kalah penting bagi penggunaan kandang kambing modern. Dengan pembuatan kandang tersebut, anda dapat mendaur ulang jika sudah tidak dipakai lagi. Dengan kandang yang berbentuk non-panggung, kambing juga dapat terhindar dari penyakit yang bisa didapatkan dari kotoran dan urin.

Demikian informasi mengenai cara membuat kandang kambing penggemukan yang bisa anda lakukan. Dengan memperhatikan hal-hal di atas ketika membuatnya, anda bisa memperoleh berbagai manfaat. untuk mendapatkan kambing yang berkualitas, Madani Farm solusinya. anda dapat mengunjungi laman resmi di https://www.madani-farm.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel