Begini Cara Berkembang Biak Kambing dengan Tanda-tandanya

Kini, ternak kambing merupakan salah satu hal biasa bagi peternak terutama bagi yang tinggal di pedesaan. Pada umumnya, penduduk desa berprofesi sebagai petani serta peternak. Peternak di desa kerap memelihara sapi, ayam, dan kambing. Namun, para masyarakat tidak sadar betapa besarnya keuntungan dari beternak kambing. Sebelum ternak, anda wajib memahami cara kambing bereproduksi terlebih dahulu.

Begini Cara Berkembang Biak Kambing dengan Tanda-tandanya

Cara Berkembang Biak Kambing

baca juga: Berikut 7 dari 20 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Paling Berkhasiat bagi Tubuh

Siklus dari reproduksi kambing betina berhubungan dengan berbagai hal yang terjadi pada kambing. Mulai dari pubertas, siklus estrus, hingga perubahan organ seksual postpartum. Bagian ini sangatlah dipengaruhi oleh kondisi genetik, hormone, tingkah laku, lingkungan dan faktor psikis serta fisik.

Diawali dengan pubertas, kambing yang berada di tahap ini memiliki organ reproduksi yang pertama kalinya berfungsi. Hal ini terjadi ketika kambing maupun domba mencapai umur sekitar 6 bulan. Variasi yang besar juga bisa terjadi berdasarkan suatu jenis tertentu tergantung keadaan iklim hereditas, makanan, serta tingkat pelepasan hormon nya.

Perlu anda ketahui bahwa pubertas pertama kali melakukan ovulasi yang sekitar 5 hingga 7 bulan dan tentunya dialami oleh kambing betina. Sementara itu, domba betina mengalaminya pada kisaran 5 hingga 6 bulan. Namun, anak kambing yang memperoleh nutrisi baik dan berkecukupan berupa susu dapat mencapai pubertas lebih awal yaitu sekitar 4 bulan.

Cara berkembang biak kambing memang wajib mendapat [perhatian. Sebab, hal ini tentunya akan mempengaruhi perkembangan pada ternak. Kambing dapat hamil dalam waktu kurun dari 155 hari atau 5 bulan. Artinya, dengan memperhatikan perkawinan serta siklus birahinya, anda dapat memperkirakan bahwa kambing bisa beranak dengan 3 kali dalam  tahunnya.

Waktu penyapihan juga sangatlah perlu diperhatikan. Sangat disarankan bahwa kambing disapih paling lambat ketika berumur 3 bulan. Hal ini tentunya memperoleh induk beranak 3 kali dalam 2 tahun. Umur kambingnya yaitu 8-10 bulan dan siklus berahi 17-21 hari. Sedangkan, lam berahi sekitar 24 jam.

Tanda-tanda Reproduksi Kambing

1. Tanda Berahi

Salah satu tanda dari kambing yang akan bereproduksi dapat dipehatikan dengan awal mulainya yaitu berahinya. Anda bisa mengetahuinya dengan memeriksa alat kelaminnya yang mulai membengkak. Kambing juga sering mengibas-ibaskan ekornya, perasaannya gelisah, dan sering kencing. Selain itu, nafsu makannya juga turun serta selalu mengembik.

2. Perkawinan Kambing

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan setelah memastikan bahwa kambing memiliki tanda-tanda berahinya, anda dapat melakukan perkawinan pada kambing. Waktu yang sangat disarankan untuk mengawinkan kambing yaitu antara 12-18 jam setelah anda mengetahui tanda berahinya.

Bila estimasi waktunya tercukupi, anda bisa mencampurkan betina yang tangah berahi bersama pejantannya dalam satu kandang. Anda dapat mempersatukannya agar kambing segera bunting. Namun, bila belum ada tanda-tanda dari bunting, maka anda bisa siklus berahi berikutnya yaitu sekitar 19 hari kemudian segera kawin lagi.

Selain itu, anda juga sangat perlu menghindari perkawinan kambing antar sedarah atau satu keluarga. Hal ini akan menyebabkan hasil keturunannya menjadi cacat kecil, atau tidak sehat. Dengan begitu, ketika anda mengalaminya hendak melakukan pembuahan, segera pisahkan keduanya.

3. Tanda-tanda Bunting

Anda juga dapat mengenali apakah kambing betina tengah bunting atau tidak dengan memahami tanda-tandanya. Kambing bunting sangat mudah dikenali melalui pinggulnya yang mengendur. Selain itu, alat kelamin bengkak kemerahan, lembab, serta ambing membesar. Selain itu, kambing juga merasa gelisah dengan menggaruk-garukkan kakinya ke lantai dan mengembik.

Cara berkembang biak kambing cukup mudah. Namun, ada beberapa hal yang wajib diketahui, dipastikan, dan diperkirakan agar ternak kambing berjalan dengan lancar. Mulai dari tanda-tanda berahi, tanda-tanda kambing yang butuh dikawinkan, hingga tanda-tanda puting nya. Berikut ini cara mengawinkan kambing agar cepat hamil dan beranak.  Madani Farm menawarkan kambing berkualitas unggul yang dapat anda kunjungi laman resminya https://www.madani-farm.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel