Kambing Pendarahan Setelah Melahirkan

 

Tak Usah Panik, Berikut Cara Mengatasi Kambing Pendarahan Setelah Melahirkan

 


 


Peternak kambing harus mengetahui berbagai macam pengetahuan untuk mengurus hewan ternaknya. Hal ini juga termasuk dalam memperlakukan kambing ketika melahirkan, cara mempersiapkannya, cara menanganinya, sampai dengan membersihkan anakannya. Selain itu, peternak juga harus tahu cara mengatasi kambing pendarahan setelah melahirkan seperti berikut.

Tips Mengatasi Kambing Melahirkan yang Pendarahan

1. Mengetahui Ciri Ciri Kambing yang akan Melahirkan

Saat akan melahirkan, ada beberapa hal yang bisa anda ketahui sebagai peternak. Salah satu ciri yang paling terlihat yaitu kaki belakang induk akan merenggang. Tak hanya  itu saja, bentuk ekornya akan cenderung tegak ke atas. Setelahnya, kambing akan tampak seperti mengejan dan berlangsung hingga satu jaman.

Jika hal tersebut terjadi, maka anda harus tetap memperhatikan dengan seksama. Proses melahirkan kambing ini akan dimulai dari air ketuban yang keluar. Setelah itu, kambing akan keluar dengan sendirinya. Jika posisi anak kambing normal, maka kelahirannya bisa diketahui  dari kedua kaki depan, yang mulai muncul. Setelah itu akan diikuti dengan bagian badan, dan kaki belakang.

Mengingat proses melahirkannya cukup memakan waktu yang lama, maka selama proses melahirkan, peternak wajib meluangkan waktu untuk menunggunya. Jika terjadi masalah, maka anda sudah bisa tahu cara mengatasi kambing pendarahan setelah melahirkan. Dengan begitu, tidak ada akibat fatal yang terjadi selama proses bahkan setelahnya.

2. Memastikan Jika Steril Untuk Membantu Proses Kelahiran Kambing

Jika kambing memiliki kendala saat melahirkan, maka peternak haruss segera membantunya. Untuk itu, tangan peternak harus steril dan juga bersih agar kambing tidak terkontaminasi. Intinya, anda harus membuat posisi anak kambing bisa lahir dengan normal. Sebagai informasi, posisi anak kambing ini bisa diketahui setelah ada bagian tubuh yang terlihat.

3. Membersihkan Cairan Lendir Anakan Kambing

Jika anda kambing telah lahir, akan ada lendir yang menyelimuti bagian mulut serta hidung dai kambing. Untuk itu, anda bisa membersihkannya dengan cara mengelap menggunakan kain kering dan lembut. Hal ini juga penting, selain dari cara mengatasi kambing pendarahan setelah melahirkan. Meskipun secara ilmiah indukan membantunya, tetapi hal tersebut kurang maksimal.

4. Memotong Tali Pusar Pada Anak Kambing

Jika tubuh anak kambing sudah bersih dan kering, maka peternak tidak boleh tinggal diam begitu saja, sebab masih ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Salah satu yang patut diperhatikan yaitu dengan memotong tali pusat dari anak kambing. Perlu diketahui, hal ini akan membantu proses persalinan kambing lebih baik.

Untuk memotong tali pusar, peternak wajib mengikat tali pusat sekitar 5 cm dari perut. Selanjutnya, potong di bawah ikatan tersebut dengan menggunakan alat yang tajam dan steril. Kemudian, bekas potongan harus diolesi dengan obat luka agar tidak terjadi infeksi yang membahayakan. Dengan begitu, indukan kambing dan anakannya bisa sehat dan cepat berkembang.

5. Jangan Lupa Rawat Indukan Kambing Setelah Melahirkan

Selain anakan kambing yang perlu dirawat, anda juga tak boleh melupakan induk kambing yang sudah susah payah melahirkan. Anda harus mengetahui cara mengatasi kambing pendarahan setelah melahirkan. Sebab, tak jarang kambing mengalami hal tersebut karena proses melahirkan yang cukup panjang.

Indukan juga harus mendapat perawatan yang baik setelah dirinya melahirkan. Ada beberapa bagian penting yang harus anda perhatikan kondisinya. Misalnya saja, sekitar alat kelamin, ambing, dan puting susu agar segera dibersihkan dengan baik dan menyeluruh. Anda bisa memanfaatkan lap lembut yang dicelupkan air hangat untuk menanganinya.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel