Menyiapkan Tempat Minum Kambing

 

Mengulik 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiapkan Tempat Minum Kambing

Beternak kambing merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek besar. Keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda karena pasar yang luas. Demi menghasilkan ternak yang sehat, maka seluruh kebutuhan kambing harus dipenuhi, termasuk kebutuhan minumnya. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk intip apa saja yang perlu diperhatikan saat menyiapkan tempat minum kambing di sini!

Mengapa Beternak Kambing?

Sebelum masuk ke pokok bahasan yang utama, ada baiknya jika anda mengenal terlebih dahulu apa alasan beternak kambing termasuk jenis bisnis yang memiliki banyak keuntungan. Seperti yang anda tahu, kambing merupakan jenis hewan yang pengolahan dagingnya cukup populer di Indonesia. Salah satu menu yang paling umum dijual di berbagai wilayah adalah sate kambing. 

Selain diambil dagingnya, penggunaan kambing juga erat kaitannya dengan unsur keagamaan. Dalam Islam ada yang namanya aqiqah dan idul adha. Dua momen tersebut perlu kambing sebagai hewan ternak yang disembelih. Bahkan ada kalanya peternak kambing kebanjiran order dan diserbu pembeli. Tentu jika anda berhasil merawat kucing dengan baik, maka harga jualnya bisa tinggi.

Beternak kambing juga dianggap lebih mudah dibandingkan sapi. Selain itu, arus jual belinya tidak terlalu lama karena kambing hanya memerlukan waktu sekitar 12 sampai 18 bulan. Sedangkan jika anda beternak sapi, maka usia idealnya untuk dijual sekitar 22 bulan. Ruang yang dibutuhkan untuk ternak kambing juga tidak perlu terlalu besar. 

Pentingnya Air Minum Bagi Kambing

Setiap makhluk hidup memerlukan air untuk bertahan, termasuk kambing. Anda yang memilih tempat minum kambing perlu melihat kebutuhan kambingnya secara langsung.  Selain kuantitasnya yang cukup untuk kebutuhan sehari hari, anda juga perlu mengganti air secara rutin setiap pagi.  Hal ini penting, karena banyak penyakit yang bisa menyerang melalui media air. 

Peluang infeksi akan semakin parah jika kandang terlalu kotor dan tidak sehat. Jika diberikan, maka penyakit tidak hanya akan menyerang satu hewan, melainkan bisa menyebabkan kematian massal. Demi menjaga kualitas air, anda juga memerlukan wadah air minum yang sesuai standard. Selain itu, pengecekan berkala juga tidak boleh dilupakan. 

Poin penting semacam itu tidak boleh sampai ketinggalan sehingga harus masuk dalam SOP. Selama anda memperlakukan kambing dengan baik, maka tumbuh kembangnya tidak akan mengalami kendala. Alhasil, semakin cepat bagi mereka untuk besar dan berukuran ideal untuk dijual. Pemberian pakan pun sama yaitu harus diperhatikan dengan seksama.

Hal Penting Saat Menyiapkan Minum Kambing

1. Memilih Wadah Yang Tepat

Menyiapkan minum untuk kambing perlu dilakukan di dalam wadah yang tepat. Salah satu kriteria tempat minum kambing yang benar adalah mereka yang mudah dijangkau oleh kambing dan bisa mengalirkan air dengan lancar. jika anda menggunakan wadah air yang ada otomatis, maka pastikan jika pipa  yang mengeluarkan air tidak mampet. 

Ukuran wadah juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing masing kambing. Jangan ambil wadah yang terlalu kecil jika anda rasa tidak dapat memenuhi kebutuhan harian si hewan ternak. Telisik pula apa bahan yang digunakan untuk membuat wadah minum serta pastikan jika bahan tersebut aman dan tidak akan melukai mulut kambing. 

2. Mengontrol Ph Air

pH merupakan indikator atau tingkat keasaman pada air atau benda cari. Skala yang dimiliki adalah 0 hingga 14. Semakin tinggi nilainya, maka tingkat keasaman semakin rendah. pH normal air yang sehat untuk diminum ada di angka 7. Angka tersebut persis berada di tengah skala sehingga dianggap netral atau tidak terlalu asam maupun basa. 

Pengontrolan pH air bisa dilakukan dengan berbagai alat, yaitu pH meter. Anda juga bisa menggunakan kertas lakmus. Namun metode tersebut tidak bisa memberikan angka yang akurat sehingga lebih disarankan memakai pH meter. Cara menggunakan perangkat untuk cek tempat Minum Kambing bisa dilihat di youtube maupun platform online yang lain. 

3. Menambah Probiotik Jika Diperlukan

Menambahkan probiotik merupakan teknik yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat pencernaan pakan pada hewan ternak. dalam kata lain, nutrisi yang ada di dalam makanan bisa diserap secara sempurna. Anda bisa menambahkan probiotik ke dalam minuman sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Cara tersebut paling mudah karena kebanyakan probiotik berbentuk cair. 

Disamping menggunakan larutan probiotik, anda juga bisa mencampurkan molase ke dalam air minum. Namun jangan lupa untuk memperhatikan takarannya, agar kambing tidak merasa curiga atau tetap mau meminum air yang telah disediakan. Akan sangat disayangkan jika larutan molase yang ada malah terbuang sia sia.

4. Mencuci Wadah Sebelum Digunakan

Memberi air minum bukan berarti anda hanya memasukkan air begitu saja ke dalam wadah yang digunakan. Anda wajib mencucinya sampai bersih demi menjaga kesehatan ternak. Akan sangat disayangkan jika kelalaian seperti tidak mencuci Tempat Minum Kambing menyebabkan mereka sakit atau merasa tidak nyaman. Anda sebagai peternak juga tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi. 

Masih berhubungan dengan proses pencucian, anda pun perlu meletakkan wadah minum di lokasi yang mudah dijangkau. Pastikan jaka anda tidak kesulitan untuk mengambil wadah saat kambing berada di dalam. Meskipun sepele, namun peletakan wadah minum juga perlu dipertimbangkan secara matang.

5. Memastikan Jumlah Air Sesuai Dengan Kebutuhan Kambing

Hal kelima yang perlu dilakukan ketika anda memberi air minum adalah memastikan jika jumlahnya cukup bagi hewan ternak. jika jumlah kambingnya banyak, maka belilah wadah yang berukuran besar. Hal ini juga akan mempermudah kinerja anda, karena tidak perlu isi ulang berkali kali dalam satu hari. 

Namun ketika jumlah kambing tidak terlalu banyak, maka gunakan saja wadah yang kecil. Akan sangat disayangkan jika anda membeli tempat minum yang besar namun ternyata tidak habis. Mau tidak mau, anda perlu membuang air yang ada dan menggantinya dengan yang baru. anda wajib melakukan hal yang santai ini karena air minum yang sudah berhari hari bisa menjadi sumber penyakit. 

Jangan tunggu sampai air terlihat keruh atau berlumut karena bagaimanapun juga si kambing perlu air yang segar. Meskipun si kambing tidak tahu dan tetap meminumnya, bukan berarti anda bisa membiarkan tempat Minum kambing begitu saja. Bagaimanapun juga, mereka perlu air yang bersih dan menyehatkan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin mencuci wadah. 

Berbicara soal tempat minum, ada baiknya jika anda beli produk tersebut di toko yang terpercaya, seperti hal nya Madani Farm Jogja. Pilihan item yang bisa anda temukan di sana sangat beragam, mulai dari merek, jenis, hingga ukuran. Jika bingung, anda bisa langsung datang ke tempat. Dengan begitu, anda bisa langsung pilih yang sesuai dengan kebutuhan. 

Seloa jual tempat minum, Madani Farm Jogja juga menyediakan berbagai perlengkapan ternak yang lain. Anda bisa pilih salah satu item yang pas dengan kebutuhan. Setiap item yang dijual memiliki kualitas yang tidak main main, sehingga harganya juga tinggi. Apabila anda masih galau untuk memilih kos, langsung saja datang ke TKP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel