Kangkung Pakan Ternak

Para petani di Mojokerto, Lamongan dan Gresik Selatan telah mengembangkan sistem tanaman sayuran yang kemudian diolah menjadi pakan ternak dalam hal ini untuk sapi, kambing, dan domba (ruminansia) dan bisa juga untuk kelinci. Hay kangkung http://bit.ly/3glUBjP banyak diproduksi dan dijual oleh para petani di Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo, dan Gresik.

Dari namanya, jika anda berselancar di google, hay kangkung  berasal dari kangkung murni. Hijauan  ini adalah kangkung air desa (yang biasanya tumbuh di kolam di desa), bukan kangkung yang dijual di pedagang sayur.






Hay kangkung  memenuhi syarat sebagai pakan ternak kambing domba dan hewan ruminansia karena hay kangkung  memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan nutrisi hay kangkung diantaranya kandungan protein, lemak kasarnya, dan yang terpenting serat kasarnya juga tinggi. 

Kandungan Protein Kasar hay kangkung berkisar  11,13 %

Kandungan Serat Kasar hay kangkung berkisar 27,64 %.

Tabel kandungan nutrisi bahan pakan ternak lengkap dapat dilihat di halaman lain website madani farm.


Cara Membuat hay kangkung

Cara membuat hay kangkung sebetulnya sederhana. Kangkung  dijemur kemudian digiling menjadi bubuk konsentrat.

Jika sebelumnya lahan hanya bertumpu pada tanaman padi yang membutuhkan genangan air yang cukup, atau pada tanaman di musim kemarau seperti melon, semangka, garbis, dan lain-lain yang membutuhkan air secukupnya, maka saat ini hampir semua daerah di sepanjang jalan Mojokerto - Lamongan mulai membudidayakan kangkung. Mengapa? Karena setelah dikeringkan, dapat digunakan sebagi pakan ternak, yang bernutrisi tinggi, dengan kandungan protein yang dibutuhkan ternak.
Hay kangkung banyak dijual untuk pakan ternak kambing maupun domba. Selain hay kangkung pakan kambing, dapat juga hay kangkung untuk pakan domba, dan bisa juga hay kangkung untuk pakan sapi. Hay kangkung juga dapat digunakan untuk pakan kelinci.



Cara Membuat Hay Kangkung

Petani menanam kangkung pada jarak dekat di lahan yang tergenang air. Kemudian tanaman dibiarkan menyebar hingga tua (bunga berwarna putih dan daun kekuningan). Ketika sudah tua, kangkung  dipanen. Kangkung dipotong sampai ke akar-akarnya, lalu ddiambkan dan dibiarkan begitu saja hingga kering.

Saat sudah kering, kangkung tersebut dikumpulkan di pinggir jalan atau di halaman. Kangkung lalu digiling di mesin penggiling rumput. Hasil penggilingan mengubah bentuk
hay kangkung menjadi berbentuk seperti  konsentrat bubuk. Setelah itu hay kangkung siap disajikan untuk pakan kambing, domba, sapi, maupun ternak lainnya misal kelinci. Harga hay kangkung pun sangat terjangkau.

Bagaimana cara pemberian hay kangkung ke ternak? 

Hay kangkung bisa diberikan langsung ke ternak atau dicampur dengan hijauan segar untuk dibuat silase hijauan pakan ternak. Bahkan, peternakan kambing perah di Jombang, hanya mengandalkan hay kangkung untuk pakan kambing,  tanpa pakan tambahan lain, karena hay kangkung memiliki kandungan nutrisi yang bagus, dengan kandungan protein tinggi. Beberapa peternak mengatakan akan lebih baik jika kangkung difermentasi dengan air tebu, yang pada akhirnya mendekati kualitas pakan konsentrat.


Selain
hay kangkung, masyarakat peternak juga mengenal istilah  Rendeng Soya atau Rendeng Kedelai atau Rendeng Kacang Hijau. Proses pembuatannya hampir sama dengan pembuatan hay kangkung, hanya  saja bahannya menggunakan kedelai. Baca artikel lain mengenai  cara menanam pisang terbaru.

 

Disadur dari : https://cintakambing.wordpress.com

                                  


 



                                           

Lokasi Kami ada di Madani Farm di :

Padukuhan Duku, Genengan Jambidan, RT 01, RW No.10, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta


Madani Farm

Penyedia Kambing Kurban, pupuk kandang & bibit bakalan anakan kambing domba Distributor Pakan Ternak  Wilayah Yogyakarta. Sebagai integrated farm , kami juga menanam dan menjual bibit pakchong hijauan pakan ternak Jogja Bantul. Mengapa kami memilih menanam rumput pakchong ? Jika dibandingkan dengan rumput yang lain, rumput pakchong memiliki kandungan protein yang paling tinggi yaitu hampir mencapai 17 %. Selain itu produktivitasnya sangat tinggi yaitu 1500 Ton / hektar, sehingga hasil panen rumput pakchong hampir 4 kali lipat dibanding hasil panen rumput odot. Apabila ingin membeli bibit rumput pakchong dapat menghubungi Madani Farm.


 




 

 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel